Sabtu, 23 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

Suku Bunga Acuan Bank Indonesia Tetap Sebesar 5%

BACA JUGA




Fintechnesia.com- Bank Indonesia ( BI) dalam Rapat Dewan (RDG) mempertahankan BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI7DRR) sebesar 5%. Ini keempat kalinya bank sentral mempertahankan suku bunga . “Berdasarkan assesment outlook keseluruhan, dalam Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia memutuskan mempertahankan suku bunga 7-Days Reverse Repo Rate sebesar 5% persen, dengan suku bunga Deposit Facility sebesar 4,25%, dan suku bunga Lending Facility sebesar 5,75 persen,” ujar Gubernur BI Perry Warjiyo, Kamis (23/1).

Kebijakan moneter tetap akomodatif dan konsisten dengan prediksi inflasi terkendali dalam kisaran sasaran, stabilitas eksternal yang terjaga, serta upaya menjaga momentum pertumbuhan ekonomi domestik di tengah perekonomian global yang melambat. Sementara itu, kebijakan makroprudensial yang akomodatif ditempuh untuk mendorong pembiayaan ekonomi sejalan dengan siklus finansial yang masih di bawah optimal dengan tetap memerhatikan prinsip kehati-hatian.

Kebijakan sistem pembayaran dan kebijakan pendalaman pasar keuangan terus diperkuat guna mendukung pertumbuhan ekonomi. Respons bauran kebijakan tersebut dapat menjaga stabilitas perekonomian dan menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia dalam memitigasi risiko global. “Ke depan, BI akan mencermati perkembangan ekonomi global dan domestik dalam memanfaatkan ruang bauran kebijakan yang akomodatif untuk menjaga tetap terkendalinya inflasi dan stabilitas eksternal, serta turut mendukung momentum pertumbuhan ekonomi,” katanya. (frd)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER