Senin, 15 Agustus 2022 | 04:49 WIB

Pengiriman Medis dan Perangi Virus Corona, China Mengerahkan Drone, Begini Videonya…

BACA JUGA

ads-custom-1

Fintechnesia.com | Jarum jam menunjukkan pukul 9 pagi tanggal 6 Februari 2020, sebuah drone pengiriman medis  terbang dari Rumah Sakit Rakyat Kabupaten Xinchang, China ke pusat pengendalian penyakit di Kabupaten Xinchang, menandai peluncuran “jalur transportasi udara perkotaan” pertama untuk membantu melawan Covid-19, virus corona baru. Kabupaten Xinchang terletak di provinsi Zhejiang – salah satu provinsi yang paling parah terkena virus ini, dengan lebih dari 1.006 pasien terkena dampak 2019 virus corona.

Daerah tersebut sedang mengalami ketegangan, khususnya dalam hal pencegahan dan pengendalian epidemi nasional ini. Untuk menanggapi kebutuhan tersebut, salah satu grup perusahaan Terra Drone, Antwork, menghubungi rumah sakit setempat untuk mendukung pencegahan epidemi dengan tindakan praktis, bekerja sama sepenuhnya dengan pemerintah daerah dan unit bantuan medis untuk mengawal pengiriman sampel medis yang tepat waktu secara cepat.

Selama periode pencegahan dan pengendalian epidemi, Antwork mengambil drone jenis RA3 dan tr7s, serta menggunakan stasiun tak berawak RH1, sebagai solusi teknis untuk mengangkut sampel medis dan bahan berbahaya antara Rumah Sakit Rakyat Kabupaten Xinchang, pusat kontrol penyakit Kabupaten Xinchang dan Rumah Sakit Rakyat Kabupaten Xinchang cabang Dashiju. Dalam operasi ini, solusi pengiriman menggunakan drone yang disediakan oleh Antwork. Mode operasi otomatis dan tak berawaknya dapat secara signifikan mengurangi peluang kontak manusia terhadap sampel medis dalam proses transportasi, dan meningkatkan kecepatan pengiriman.

Perusahaan cabang Antwork (Aerodeli) yang melakukan tugas operasi ini, telah memperoleh lisensi pengiriman drone perkotaan pertama di dunia dari Administrasi Penerbangan Sipil China (CAAC) pada Oktober 2019. Pekerjaan pengiriman sampel sesuai prosedur operasi tersertifikasi untuk memastikan keamanan sampel medis dalam proses transportasi.

Dalam hal pengiriman logistik, drone telah meningkatkan efisiensi waktu lebih dari 50% dibandingkan cara tradisional. Hal inilah yang menjadi alasan penggunaan drone untuk pencegahan dan pengendalian epidemi. Pada saat yang sama, dengan semakin banyak staf medis dan ambulans yang dipindahkan ke wilayah tersebut, dalam kasus kekurangan personel, penggunaan transportasi drone juga dapat menggantikan peran manusia dan mengurangi material yang dibutuhkan.

Setelah berita tentang pemblokiran Wuhan muncul pada 23 Januari 2020, Antwork segera menghubungi departemen kesehatan dan pengendalian penyakit di berbagai daerah dan mengambil inisiatif untuk mengajukan petisi untuk dukungan teknis transportasi udara drone untuk lembaga medis yang berperang melawan wabah. Setelah proyek rumah sakit rakyat Xinchang dioperasikan, Antwork juga akan secara aktif membantu lebih banyak institusi medis di seluruh negeri untuk menggunakan layanan pengiriman menggunakan drone dan membantu agar Xinchang cepat pulih dari epidemi ini.

Terra Drone Corporation adalah penyedia solusi drone industri paling terkemuka di dunia yang berdiri tahun 2016. Kantor pusat perusahaan berlokasi di Tokyo, Jepang, dengan 20 cabang di seluruh dunia termasuk Asia Pasifik, Uni Eropa, dan Amerika Selatan. Terra Drone menyediakan teknologi drone inovatif dengan LiDAR dan metode survei fotogrametri untuk sektor konstruksi, utilitas, tambang, energi, dan minyak dan gas. Terra Drone memiliki spesialisasi pada perangkat keras berkinerja tinggi, perangkat lunak mutakhir, dan layanan dan sistem manajemen drone (UTM). (hlm)

ads-custom-1
sidebar

BERITA TERBARU

header

POPULER