Jumat, 29 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

Telkom Percepat Digitalisasi Melalui Modern Broadband City

BACA JUGA




Fintechnesia.com | Pembangunan infrastruktur merupakan satu fokus pemerintah. Menjawab tantangan ke depan, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) menyadari pentingnya pembangunan infrastruktur. Untuk itu perusahaan yang listing di Bursa Efek Indonesia dengan kode saham TLKM ini agresif membangun infrastruktur telekomunikasi hingga pelosok.

Telkom memodernisasi jaringan telekomunikasi dengan menggunakan teknologi berbasis 100% fiber optic, yang dikenal dengan Modern Broadband City. Modernisasi jaringan ke fiber optic menjadi landasan penting dalam penyediaan layanan digital melalui jaringan fixed broadband maupun 3G/4G. Hal ini menjadi langkah TelkomGroup dalam mempersiapkan hadirnya layanan 5G.

Tersedianya infrastruktur digital yang berkualitas dan andal diharapkan mengembangkan potensi ekonomi lokal, regional dan nasional guna mendukung pembangunan ekonomi digital. Hingga saat ini, telah terealisasi 215 Modern Broadband City dan 8 Modern Province.

Direktur Network & IT Solution Telkom, Zulhelfi Abidin mengungkapkan, program modernisasi jaringan ini salah bentuk komitmen Telkom meningkatkan kualitas layanan ICT. “Tergelarnya infrastruktur 100% fiber optic tersebut, diharapkan menjawab kebutuhan masyarakat terhadap layanan broadband berkualitas,” ujarnya, dalam keterangan tertulis, Minggu (16/2).

Langkah modernisasi jaringan Telkom ini mendapat apresiasi. Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor mengapresiasi Kalimantan yang sudah terhubung fiber optic 100%. Diharapkan fiber optic mendukung peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. Tidak jauh berbeda, Walikota Mataram Ahyar Abduh juga mengapresiasi realisasi Modern Broadband City yang telah menyejajarkan Kota Mataram dengan kota besar lain.

Walikota Denpasar Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra menambahkan kehadiran konektivitas fiber optic mendukung peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. “Infrastruktur ICT berbasis fiber optic Telkom diharapkan membantu pemkot meningkatkan layanan, kualitas Indeks Pembangunan Manusia Denpasar serta mendukung Kota Denpasar menjadi smart city terbaik,” ujarnya.

Adanya modernisasi jaringan dapat mendukung penerapan ICT yang terintegrasi di lingkungan pemerintah daerah baik provinsi maupun kota dan kabupaten. Sehingga semakin efektif dan efisien melayani masyarakat, serta merangsang pertumbuhan pengguna layanan ICT, guna mendorong geliat ekonomi lokal berbasis digital termasuk usaha mikro, kecil dan menengah.

Selain itu, melalui modernisasi jaringan ini diharapkan dapat memberikan digital experience terbaik bagi pelanggan TelkomGroup dan masyarakat. “Layanan Triple Play IndiHome akan semakin maksimal setelah digelarnya jaringan fiber optic,” lanjut Zulhelfi. Telkom menyediakan layanan IndiHome dengan kecepatan hingga 1 Gbps. Telkom membangun masyarakat digital melalui penyediaan infrastruktur dan konektivitas merata bukan hanya di perkotaan, tetapi juga di wilayah terdepan, terluar, dan tertinggal. (Hlm)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER