Jumat, 9 Desember 2022

Berdayakan UMKM, Bhinneka Menggandeng Fintech

BACA JUGA

- Advertisement -

Fintechnesia.com | Bhinneka.com memperkuat infrastruktur dengan menggandeng perusahaan financial technology (fintech) peer to peer lending. Bhinneka menggandeng Akseleran dan Avantee untuk menyalurkan pinjaman usaha bagi UMKM.

Setiap transaksi di Bhinneka.Com dengan penyaluran pinjaman usaha berbasis invoice financing dan pra invoice financing antara Rp 200 juta hingga Rp 2 miliar, berpotensi mendapat bantuan pendanaan dari Akseleran hingga 80% dari total invoice.

Sementara, Avantee mendorong pengembangan UMKM di Indonesia melalui penyaluran pinjaman usaha dari Rp 10 juta – Rp 2 miliar, membayarkan hingga 70% total invoice. Keduanya menawarkan bunga per tahun mulai dari 18%.

Chief of Commercial and Omnichannel Bhinneka.com, Vensia Tjhin, mengatakan, Bhinneka.com menyadari, 58 juta UMKM di Indonesia kerap menghadapi masalah akses pendanaan. “Kami berupaya memberikan kenyamanan k leebih dari 500.000 pelanggan Bhinneka yang sebagian besar segmen UMKM untuk mendapat akses pendanaan,” kata Vensia, Jumat (28/2).

Kerjasama dengan Bhinneka.com memungkinkan menjangkau lebih banyak UMKM di Indonesia. “Kami mengapresiasi niat baik Bhinneka.com bekerja sama dengan Akseleran dan membantu perkembangan para pelaku UMKM,” ujar Chief Credit Officer & Co-Founder Akseleran, Christopher Gultom.

Akseleran selama ini fokus pada penyaluran pinjaman usaha berbasis invoice financing dan pra invoice financing. Sepanjang tahun 2019, Akseleran menyalurkan pinjaman usaha sebesar Rp 776 miliar atau melonjak 4 kali lipat untuk sektor UMKM Indonesia.

Jasj rata-rata, Akseleran menyalurkan pinjaman usaha Rp 500 juta – Rp 600 juta per UKM. Mayoritas bidang Engineering/Construction (26%), Finance/Payment (19%), dan Farming/Agriculture (16%).

Direktur Utama Avantee, Firman Wiranata, mengatakan, Bhinneka.com menciptakan sebuah business super-ecosystem yang dapat mendukung perkembangan UMKM. “Kami harap kerjasama ini memberikan dampak baik bagi para pengusaha UMKM di Indonesia,” kata Firman

Avantee menyediakan produk pembiayaan dengan skema penggalangan pendanaan secara crowdfunding. Avantee menyalurkan total pendanaan sebesar Rp 62,78 miliar, Dengan rata-rata pembiayaan sebanyak Rp 5,2 miliar untuk UMKM di Jabodetabek dan Jawa Barat selama 12 bulan terakhir.(eko)

- Advertisement -
sidebar
sidebar

BERITA TERBARU

header

POPULER