Selasa, 9 Agustus 2022 | 23:58 WIB

Virus Corona Merebak, Telkomsel dan XL Axiata Menyediakan Gratis Akses Data, untuk Apa Saja?

BACA JUGA

ads-custom-1

FinTechnesia.com | Gotong royong dan solidaritas menjadi kata kunci saat virus corona baru atau Covid-19 semakin merebak. Industri telekomunikasi ikut terjun menghadapi tantangan terkait peyebaran wabah corona.

Menyusul imbauan Presiden Joko Widodo agar mengutamakan interaksi online sebagai upaya membatasi penyebaran Covid-19, Telkomsel menggandeng beberapa aplikasi e-learning. Anak usaha PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) ini menghadirkan paket bebas akses ilmupedia hingga 30GB tanpa biaya bagi pelajar untuk melakukan aktivitas belajar mandiri jarak jauh.

Direktur Utama Telkomsel, Setyanto Hantoro mengatakan, sebagai leading telco digital company, Telkomsel proaktif ikut serta dalam upaya penanganan Covid-19. Telkomsel mengambil peran sebagai connectivity enabler dengan mengoptimalkan aset untuk menjaga agar semua elemen masyarakat tetap terhubung dan menjaga produktivitas. “Namun Telkomsel tidak berjalan sendiri. Kami memaknai semangat gotong royong dengan bergandengan tangan dan mempererat kolaborasi bersama pemangku kepentingan agar kita semua terus bergerak maju di masa yang penuh tantangan ini,” terang Setyanto, Selasa (17/3)

Telkomsel bersama aplikasi e-learning Quipper, Zenius, Cakap dan Bahaso menghadirkan Paket Bebas Akses ilmupedia tanpa biaya. Paket ilmupedia berisi kuota data 30GB tanpa biaya bagi pelanggan prabayar maupun pascabayar untuk mengakses platform belajar online Quipper, Zenius, Cakap, dan Bahaso selama 30 hari sejak tanggal aktivasi.

Telkomsel juga ikut mendukung program work from home (WFH) atau remote. Telkomsel Enterprise, penyedia solusi bisnis untuk perusahaan, pemerintahan, hingga UMKM, memiliki portofolio layanan berbagai kegiatan bisnis perusahaan salah satunya layanan CloudX Meeting.  Selama kebijakan WFH, Telkomsel memberikan bebas biaya berlangganan CloudX Meeting selama satu bulan, syarat dan ketentuan berlaku. Bebas kuota data untuk mengakses layanan CloudX Meeting sebesar 60 GB khusus untuk host meeting dan 30GB untuk peserta meeting.

Baca Juga: Dampak Covid-19, Telkomsel Berikan Akses Bebas Kuota Ruangguru

Sementara XL Axiata juga meluncurkan program layanan khusus yang mempermudah pelanggan dan masyarakat untuk aktivitas bekerja dan belajar dari rumah. Pelanggan XL Axiata, yang menggunakan kartu XL, AXIS, XL Prioritas, termasuk juga pelanggan korporasi XL Business Solutions bisa memanfaatkan program yang akan mulai bisa diakses Rabu (18/3) ini. Selain itu, XL Axiata juga membuka saluran hotline ke posko penanggulangan virus Corona di Kementerian Kesehatan.

Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini mengatakan, XL Axiata bergabung dengan elemen-elemen masyarakat Indonesia lain untuk bergotong royong membantu mencegah penyebaran virus corona. “Kami memahami masyarakat membutuhkan akses data dan internet untuk tetap bisa beraktivitas belajar dan bekerja secara produktif dari rumah. Program ini kami buat secepatnya dan mencakup apa saja yang paling dibutuhkan masyarakat. Kami terus memantau perkembangan yang ada untuk bisa mengetahui apa lagi yang kira-kira bisa kami support selanjutnya,” terang Dian.

XL Axiata memberikan gratis 2GB perhari untuk mengakses aplikasi atau layanan data yang bisa membantu belajar atau bekerja dari rumah. Aplikasi-aplikasi itu mencakup Udemy, Ruang Guru, dan Zenius untuk para pelajar atau mahasiswa. Untuk mendukung aktivitas bekerja dari rumah, pelanggan yang mendapatkan kuota tersebut juga bisa mengakses sejumlah aplikasi dari Microsoft Office 365.

Para mahasiswa juga bisa memanfaatkan kuota tersebut untuk mengakses materi kuliah daring yang disediakan kampus mereka masing-masing. Ada beberapa kampus bergabung. Yaitu Universitas Indonesia, Padjajaran, Institut Teknologi Bandung, Universitas Diponegoro, Atmajaya, Universitas Hasanuddin, Universitas Negeri Semarang, Institut Teknologi Sumatera, Universitas Udayana dan Universitas Gajah Mada. (hlm)

ads-custom-1
sidebar

BERITA TERBARU

header

POPULER