Selasa, 23 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Dampak Belajar dan Bekerja dari Rumah, Trafik Layanan Data dan Digital Telkomsel Meningkat

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Telkomsel telah menyiagakan jaringan, mengantisipasi lonjakan trafik seiring tingginya potensi penggunaan layanan data oleh masyarakat. Tingginya trafik itu dampak kebijakan bekerja dan belajar dari rumah. Pengamanan jaringan di wilayah residensial dan posko penanggulangan COVID-19 seperti rumah sakit dan kantor pemerintah.

Sejak imbauan belajar dan bekerja dari rumah, Telkomsel mencatat terjadi lonjakan trafik komunikasi payload layanan berbasis data dan digital hingga 5% dibandingkan periode imbauan. Sedangkan, layanan voice dan SMS cenderung stabil.

Telkomsel juga mencatat kenaikan trafik komunikasi layanan berbasis data dan digital dikontribusi oleh tumbuhnya payload layanan sistem belajar berbasis daring (e-learning), yang mencapai 236%. Komunikasi pesan instan sebesar 19% dan game online sebesar 13%. Lalu layanan digital berbasis cloud storage yang umumnya digunakan sebagai penunjang sistem layanan aplikasi bekerja daring meningkat hingga 10,4%. Sedangkan trafik payload lain yang meningkat antara lain pemanfaatan layanan content provider (8,2%), digital advertising (7,5%), video streaming (7.3%), dan browsing (5,2%).

Sedangkan, untuk wilayah operasional Telkomsel yang mengkontribusi kenaikan payload secara keseluruhan terbesar yaitu regional Jawa Barat (7,9%), Jawa Tengah (6,9%), Jawa Timur (5%), Sumatera Bagian Tengah (4,7%) dan Sumatera Bagian Selatan (4.2%). “Telkomsel akan terus melakukan pemantauan pergerakan trafik layanan telekomunikasi,”kata Vice President Corporate Communications Denny Abidin, Kamis (19/3).

Saat ini upaya penanganan pengamanan trafik jaringan yang telah dilakukan Telkomsel mencakup kesiapan kapasitas tambahan guna mengantisipasi lonjakan trafik komunikasi. Terutama trafik layanan berbasis data dan digital, dengan memaksimalkan fungsi seluruh spektrum besar Telkomsel, yakni frekuensi 900, 1800, 2100, dan 2300 Mhz.

Kesiapan jaringan berbasis broadband ini juga dilakukan untuk memastikan kenyamanan pelanggan menikmati ragam layanan digital lifestyle Telkomsel seperti aplikasi video on demand MAXStream, streaming lagu LangitMusik serta layanan Dunia Games. (eko)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER