Sabtu, 23 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

Dampak Corona, Gaji Manajemen dan Karyawan Gojek Dipotong untuk Bantu Mitra

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Gojek meluncurkan dana bantuan untuk mendukung mitra driver, merchant dan mitra lain yang terdampak pandemi virus corona baru atau COVID-19. Ratusan ribu mitra driver dan merchant mengalami penurunan pendapatan seiring berkurangnya mobilitas para pelanggan di masa pandemi. Juga mengikuti imbauan bekerja di rumah dan social distancing untuk meminimalisir risiko penularan.

Dana bantuan ini untuk mendukung stabilitas finansial mitra driver sambil mereka menunggu situasi kembali kondusif. Dana Bantuan Mitra Gojek (Gojek Partner Support Fund) ini dikelola oleh yayasan yang baru dibentuk, yaitu Yayasan Anak Bangsa Bisa.

Pendanaan berasal dari tiga sumber. Pertama, Co-CEO dan jajaran manajemen senior Gojek mendonasikan 25% gaji tahunan selama 12 bulan ke depan. Kedua,
anggaran kenaikan gaji tahunan seluruh karyawan Gojek dialihkan untuk dana bantuan ini. Ketiga,
akan proses pihak lain juga dapat memberikan donasi, terutama para partner korporat Gojek.

Dalam pernyataan bersam, Co-CEO Gojek Andre Soelistyo dan Kevin Aluwi, mengatakan, pandemi telah memaksa bekerja dari rumah. “Membawa kami keluar dari zona nyaman untuk menjalankan bisnis secara berbeda, dan menciptakan banyak tantangan saat kami berupaya menyesuaikan diri. Tapi masalah kami tidak seberapa dibandingkan dihadapi mitra driver, merchant dan service provider kami. Mata pencaharian mereka sangat bergantung pada perputaran roda ekonomi yang tengah melambat akibat pandemi,” terang Andre dan Kevin.

“Tim kami bekerja tanpa lelah dan tanpa henti untuk mengurangi beban mereka. Kami melakukan berbagai inisiatif mulai dari meluncurkan berbagai program edukasi dan prosedur baru untuk memastikan kesehatan dan keselamatan mitra, memberikan kesempatan bagi pengguna layanan Gojek untuk memberikan tip lebih bagi driver dengan menambahkan pilihan

Tim Gojek mengurangi beban mereka dan melakukan berbagai inisiatif. Mulai meluncurkan berbagai program edukasi dan prosedur baru untuk memastikan kesehatan dan keselamatan mitra.

Juga memberikan kesempatan pengguna Gojek untuk memberikan tip lebih bagi driver dengan menambahkan pilihan nominal tip hingga Rp 100.000 di aplikasi, hingga memberikan skema bantuan pendapatan untuk mitra driver yang terkena COVID-19. “Walaupun upaya-upaya ini membawa dampak positif, kita tidak bisa berhenti sampai di sini,” ujar Kevin dan Andre. (eko)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER