Jumat, 2 Desember 2022

Perhatikan Hal Ini Agar Video Konferensi Lancar

BACA JUGA

- Advertisement -

FinTechnesia.com | Pandemi corona mengubah platform konferensi video menjadi vital, baik untuk pekerjaan dan komunikasi pribadi. Namun pemilihan aplikasi bukan menjadi indikator terpenting. Sebagian besar layanan menyediakan fitur serupa.

Sebagian besar perusahaan memiliki standar telekonferensi sendiri dan cenderung menggunakan platform. Seperti Skype, Google Hangouts, Zoom, atau Microsoft Teams. Mari kita langsung menuju pokok permasalahan: Apa yang harus dipertimbangkan untuk membuat panggilan video Anda lancar. Berikut tipsnya

1. Bersiap lebih dulu
Jangan terhubung pada detik-detik terakhir. Berinisiatif masuk terlebih dahulu, periksa apakah semuanya berjalan baik. JAika Anda menemukan masalah, selesaikanlah sesegera mungkin agar terhindar dari rasa cemas. Jika Anda menggunakan laptop atau ponsel cerdas, tidak ada salahnya untuk memastikan bahwa baterai terisi penuh sebelum panggilan dimulai.

2. Matikan mikrofon
Ingat, mematikan mikrofon ketika Anda tidak berbicara dengan partisipan lainnya. Suara bising dari latar belakang akan membuat konsentrasi menjadi sulit, dan kolega tidak perlu mendengar si kucing tech-savvy Anda berurusan dengan kabel headset.

3. Pastikan kecepatan koneksi
Terkadang kita melupakan berapa banyak perangkat rumah yang terhubung ke internet, tentu memakan bandwidth. Kemudian Anda terkejut ketika suara menjadi kacau dan gambar berubah menjadi kabut di saat-saat penting, seperti saat melakukan presentasi.
Sebelum memulai konferensi video penting, pastikan untuk memberhentikan pesaing bandwidth dari jaringan Anda.

4. Cari tahu mengenai pengaturan dan fitur
Jika tidak terbiasa dengan aplikasi yang akan digunakan untuk panggilan, dan Anda harus mengatur konferensi, luangkan waktu untuk mempelajari pengaturan aplikasi. Dalam Zoom, misalnya, pengaturan default memungkinkan para partisipan berbagi layar mereka tanpa izin sebelumnya dari penyelenggara. Dalam webinar terbuka, ini kadang-kadang dapat menyebabkan segelintir kecelakaan (atau pranks) seperti pandangan kolektif terhadap pornografi. Jika tidak ingin panggilan konferensi Anda terganggu, segera nonaktifkan fitur tersebut terlebih dahulu.

5. Tampil dengan rapi
Saat konferensi video, pastikan Anda mengenakan pakaian yang layak. Tidak berbaring di sofa selama pertemuan serius, dan jangan bermain gim di latar belakang atau memetik gitar Anda dengan pelan saat rekan kerja berbicara (sya).

- Advertisement -
sidebar
sidebar

BERITA TERBARU

header

POPULER