Rabu, 17 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Trafik Jaringan dan Layanan Komunikasi Broadband Pelanggan Telkomsel Meningkat Hingga 16%

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Sejak masyarakat menjalankan imbauan beraktivitas dari rumah, Telkomsel mencatat lonjakan trafik komunikasi, khususnya layanan broadband sebesar 16%. Lonjakan trafik broadband didominasi tumbuhnya pengguna aplikasi belajar berbasis daring (e-learning). Seperti Ruang Guru, aplikasi dalam Paket Ilmupedia, situs e-learning Kampus dan Google Classroom, meroket lebih dari 5.404%.

Hal tersebut didorong dari bertambahnya pelanggan yang memanfaatkan kemudahan akses e-learning melalui paket bebas kuota hingga 30GB Telkomsel. Seperti aplikasi RuangGuru dan Paket Ilmupedia (Zenius, Bahaso, Cakap, Sekolahmu, Rumah Belajar, Quipper dan ratusan situs e-learning kampus).

Selain itu, terjadi peningkatan layanan bekerja/meeting conference secara daring, seperti Zoom, Microsoft Teams dan CloudX Telkomsel lebih dari 443%. Sebelumnya, Telkomsel menghadirkan kemudahan proses bekerja secara daring melalui paket bebas kuota data hingga 60GB untuk akses aplikasi CloudX Telkomsel. Ini adalah solusi bisnis korporas berbentuk layanan komunikasi berbasis cloud untuk chatting dan meeting yang dapat diakses melalui tablethandphone dan desktop. Sejak diluncurkan pertama kali pada Januari 2020, jumlah perusahaan yang menggunakan aplikasi CloudX Telkomsel melesat 2.100%.

Telkomsel mencatat pergerakan trafik komunikasi layanan media sosial cenderung stabil. Namun trafik layanan komunikasi pesan instan (WhatsaApp, Line, dan Telegram) tumbuh 40% dan games online meningkat s34%. Melonjaknya trafik payload games online diikuti tumbuhnya pengguna aktif game portal & media platform Telkomsel, Dunia Games sebesar 56% dibandingkan periode yang sama bulan sebelumnya.

Layanan hiburan seperti streaming video melalui YouTube dan MAXstream, terjadi lonjakan trafik payload 17%. Lonjakan tersebut juga didukung dengan tumbuhnya jumlah pengguna layanan streaming video on demand MAXstream 18% dibandingkan bulan sebelumnya. Mengantisipasi tingginya minat pelanggan mengakses layanan MAXstream, Telkomsel menyediakan paket MAXstream Gala Plus. Paket ini memungkinkan pelanggan menikmati kuota besar untuk menonton berbagai konten di MAXstream.

Dalam memastikan kualitas jaringan yang prima di wilayah residensial, Rumah Sakit Rujukan dan Rumah Sakit Darurat COVID-19, Telkomsel juga telah melakukan antisipasi dengan mengoptimalkan fungsi seluruh spektrum besar yang dimiliki, yakni frekuensi 900, 1800, 2100, dan 2300 Mhz, yang sudah tersedia di seluruh BTS yang menjangkau kawasan tersebut.

Telkomsel bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika dan Satuan Gugus Tugas COVID-19, membantu penyediaan layanan broadcast SMS. Layanan itu untuk penyebaran informasi terkait imbauan serta edukasi guna meningkatkan pengetahuan dan kesadaraan masyarakat dalam memutus rantai penyebaran virus COVID-19 di Indonesia.

“Seluruh upaya tersebutbentuk nyata komitmen Telkomsel untuk bergotong royong bersama seluruh pemangku kepentingan dan mitra strategis lainnya dalam memberikan layanan terdepan untuk masyarakat Indonesia,” kata Direktur Utama Telkomsel, Setyanto Hantoro, Senin (6/4). Kolaborasi tersebut juga diperkuat melalui gerakan program #DiRumahTerusMaju yang menawarkan kemudahan dan kenyamanan bagi masyarakat menghadapi masa penuh tantangan ini. (sya)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER