Samsung Sediakan Fitur Ini Agar Pengguna Fokus Belajar atau Bekerja

FinTechnesia.com | Sudah tiga pekan pemerintah menetapkan anjuran untuk #dirumahsaja untuk mencegah wabah corona. Anjuran ini menyebabkan kita harus merubah cara kita berkegiatan pada umumnya. Teknologi tentu bisa menjadi solusi. Kegiatan belajar mengajar dilakukan via aplikasi conference call seperti Zoom atau Google Hangout. Atau aplikasi Ruang Guru dan Zenius.

Tapi tidak jarang gangguan juga datang ketika kita berusaha fokus untuk belajar. Seperti keinginan membuka Instagram, ataupun ramainya chat di group Whatsapp. Nah untuk membantu pengguna agar tetap bisa fokus belajar, Samsung menyematkan satu fitur baru di Samsung Galaxy M31 yaitu Focus Mode. Fitur ini, diyakini dapat membantu pengguna mencapai learning goal mereka selama di rumah.

Membatasi fitur agar fokus

Lalu, bagaimana Focus Mode ini bisa menjadi “Gate Keeper” bagi para pengguna untuk bisa tetap fokus mengejar goals? Begini caranya, pengguna harus melakukan pengaturan lewat menu setting di Samsung Galaxy M31, pada bagian Digital Wellbeing dan Parental Controls. Setelah itu, geser tampilan menu ke atas dan temukan icon Focus Mode.

Pilih salah satu opsi antara Work Time atau Me Time atau bisa memberikan nama sendiri Setelah itu tentukan aplikasi apa saja yang dibutuhkan untuk tetap fokus belajar. Misalnya internet browser, untuk membantu mencari informasi lebih jauh mengenai suatu teori. Atau aplikasi edukasi berbasis digital.

Ketika sudah ditentukan, pengguna tinggal memilih start. Dan voila, hanya aplikasi yang diijinkan saja yang akan dapat digunakan ketika mode “Belajar Time”, sehingga bebas gangguan. Tentunya ini perlu kesadaran dan komitmen juga dari para pengguna. Jika sudah selesai tinggal pilih akhiri Focus Mode dan semua aplikasi bisa kembali digunakan.

Samsung Galaxy M31 juga dilengkapi dengan fitur lain untuk mendukung program belajar di rumah seperti RAM 6GB dan ruang penyimpanan internal 128GB upgradeable hingga 512GB untuk dapat menyimpan berbagai file pelajaran yang bisa dijadikan referensi dalam jumlah banyak.

Ditambah baterai kuat 6.000 mAh, yang memberikan kenyamanan pengguna untuk dapat terus fokus tanpa harus memikirkan baterai akan lowbatt. Juga tidak khawatir mata menjadi merah seharian menatap smartphone, karena dilengkapi layar 6,4 inci Super AMOLED. (yof)