Selasa, 9 Agustus 2022 | 23:45 WIB

Gandeng Nokia, 3 Indonesia Meningkatkan Kapasitas 4G

BACA JUGA

ads-custom-1

FinTechnesia.com | Nokia menerapkan teknologi 3G-4G dynamic spectrum sharing (DSS) di jaringan 3 Indonesia. DSS meningkatkan kapasitas 4G secara dinamis ketika pemakaian 3G cenderung menurun.

3 Indonesia berhasil dalam uji coba tersebut dengan upgrade software DSS perangkat Nokia di Makassar, Sulawesi Selatan. Selanjutnya implementasi secara nasional.

Uji coba ini berhasil meningkatkan bandwidth 4G sebesar 1.8 MHz dan menghasilkan 18% spektrum
tambahan bagi pelanggan 4G tanpa mempengaruhi layanan 3G. Di Indonesia, ketika pemakaian jaringan 3G mulai berkurang, migrasi spektrum ke 4G secara mulus menjadi salah satu hal yang penting bagi setiap operator.

Teknologi DSS memungkinkan 3 Indonesia dengan cepat mengalihfungsikan spektrum 3G secara dinamis untuk meningkatkan kapasitas 4G. Penerapan DSS menyesuaikan dengan kebutuhan pelanggan 4G dan 3G yang selalu berbeda di setiap lokasi dan setiap waktu. Mengandalkan cara kerja yang otomatis tanpa intervensi manual dari operator, 3 Indonesia akan mampu mengelola ketersediaan spektrum secara efisien untuk memenuhi kebutuhan pelanggan data.

Desmond Cheung, CTO, 3 Indonesia mengatakan, menambah jumlah pelanggan dengan spektrum yang terbatas menjadi salah satu tantangan utama kami. “Teknologi DSS Nokia memberikan kapasitas jaringan yang memudahkan kami dalam melakukan transisi dari 3G ke 4G secara mulus,” kata Desmond, Rabu (15/4). Sedangkan Andrew Cope, Vice President of Mobile Networks, Nokia, Asia Pacific & Japan, mengatakan, kesuksesan uji coba ini menunjukkan keunggulan kami dalam membantu operator mengoptimalkan jaringan secara efisien. (yof)

ads-custom-1
sidebar

BERITA TERBARU

header

POPULER