Kamis, 18 Agustus 2022 | 18:08 WIB

Dampak Wabah Corona, Selama di Rumah, Pengguna Internet Banyak Menggunakan Layanan Video

BACA JUGA

ads-custom-1

FinTechnesia.com | Nokia Deepfield terus melakukan pemantauan dampak global dan lokal pandemi COVID-19 pada jaringan di seluruh dunia. Melalui big data generasi selanjutnya, yang didukung oleh kecerdasan jaringan (Network Intelligence) dan teknologi analitik, Nokia menemukan pertumbuhan pada lalu lintas (trafik) jaringan global per tanggal 9 April 2020.  

  • Peak traffic terus mengalami peningkatan di seluruh wilayah, sebagian besar akibat trafik video streaming dan videoconferencing, namun peningkatan tidak terlihat signifikan. Selain itu, jaringan dapat terus mendukung peningkatan trafik.
  • Pertumbuhan pada subscriber upstream traffic – di atas 30% dari rata-rata
  • Distributed Denial of Service (DDoS) traffic meningkat lebih dari 40%

Di beberapa jaringan Amerika Serikat selama Maret 2020, dtemukan peningkatan 30% pada trafik upstream melebihi level sebelum pandemi. Di beberapa jaringan di Eropa, rata-rata, per-consumer upstream berada di 1.7 Mbps – meningkat dari 1.1 Mbps dari awal Maret dan tetap di level ini dalam periode yang lama dalam satu hari. “Kenaikan upstream traffic akibat pertumbuhan fenomenal penggunaan videoconferencing dan collaboration tools, yang membutuhkan bandwidth lebih tinggi,” terang Chief Technology Officer for Nokia Deepfield Portfolio of Network Intelligence, Analytics and DDoS Security Products, Craig Labovitz, pekan lalu. Terlihat juga peningkatan di trafik hulu Microsoft Office karena hampir seluruh masyarakat yang bekerja dari rumah menggunakannya.

Sementara viideo on demand tetap mendominasi trafik akhir pekan khusunya di malam hari. Penemuan menarik yang lainnya adalah selama hari kerjadan akhir pekan, web browsing meningkat menjadi aplikasi yang mendominasi trafik kedua setelah aplikasi video. Volume lebih tinggi dibandingkan gaming, social networking dan peer-to-peer (p2p). (yof)

ads-custom-1
sidebar

BERITA TERBARU

header

POPULER