Kamis, 18 Agustus 2022 | 18:13 WIB

Di Ramadan, Blibli Luncurkan Fitur Baru, Termasuk Paylater

BACA JUGA

ads-custom-1

FinTechnesia.com | E-commerce semakin menjadi andalan saat wabah corona. Maka, Blibli menyediakan berbagai fitur, layanan, dan inisiatif guna memenuhi kebutuhan tiga stakeholder ekonomi utama. Yaitu para pelanggan, seller dan pemerintah.

Lay Ridwan Gautama, Executive Vice President (EVP) of Digital Products & Automotive Category Blibli mengatakan, pandemi COVID-19 memicu perubahan perilaku pada pelanggan, seller, dan pemerintah yang kini semakin bergantung pada e-commerce yang memiliki stabilitas operasional. “Di Ramadan ini, kami bertekad memperkuat kemampuan memenuhi kebutuhan tiga stakeholder tersebut. Jadi aktivitas ritel terus berputar agar Ramadan tetap menjadi stimulus bagi ekonomi Indonesia,” terang Lay, Selasa (28/4).

Untuk mendorong aktivitas ritel saat Ramadan, Blibli memperkenalkan berbagai fitur dan layanan terbaru .

  • Fitur bagi pelanggan untuk memenuhi kebutuhan konsumsi:
    • Blibli Hasanah: ini akan mempermudah masyarakat mencari berbagai kebutuhan harian yang amanah. Termasuk makanan, produk kesehatan dan kecantikan, mainan anak, zakat, paket perjalanan umrah, dan busana modest untuk pria maupun wanita. Blibli meluncurkan kurasi ini karena melihat adanya tren peningkatan permintaan, khususnya dari generasi millennial, untuk produk-produk amanah.
    • Blibli Paylater: Blibli akan meluncurkan fitur Paylater di kuartal kedua tahun ini untuk meningkatkan kemudahan transaksi bagi para pelanggan. Dengan Paylater, para pelanggan dapat membeli produk yang diinginkan saat itu juga, kemudian melakukan pembayaran sesuai jangka waktu yang ditentukan. Hadirnya fitur Paylater memperluas opsi pembayaran di Blibli menjadi sembilan, yang didukung oleh 36 mitra pembayaran lain, termasuk bank.
  • Layanan bagi seller untuk mengakses pasar dan mempertahankan usaha:
    • Pemberdayaan usaha mikro lewat Blibli Mitra: Blibli Mitra adalah layanan khusus untuk memberdayakan pengusaha mikro yang menjalankan usaha toko kelontong atau warung. Melalui Blibli Mitra, pengusaha warung dapat menawarkan produk digital berupa pulsa, token listrik, pembayaran tagihan (BPJS, air), selain kebutuhan rumah tangga lainnya. Pengusaha warung juga bisa memesan stok dengan harga grosir melalui Blibli Mitra.
  • Dukungan bagi creativepreneur: Blibli membuka akses pasar bagi creativepreneur fashion melalui kolaborasi khusus dengan 9 local brand modest dan 3 local brand umum  ternama. Di antaranya Buttonscarves, KAMI, Puru Kambera, dan Vivi Zubedi untuk meluncurkan koleksi eksklusif Ramadan.
  • Kerja sama dengan FMCG: Blibli menyediakan platform penjualan dan pemasaran agar FMCG bisa terus menyalurkan berbagai produk ke pelanggan. Blibli telah bekerja sama dengan topbrands seperti Unilever, Danone, dan Indomilk dalam melakukan promosi khusus, seperti ongkos kirim gratis.
  • Layanan logistik untuk mendukung program ketahanan pangan Pemerintah Indonesia:
    • Blibli bekerja sama dengan Kementerian Pertanian (Kementan) untuk memberdayakan kelompok tani dengan membantu mereka berjualan secara online. Dengan demikian, Blibli menciptakan sumber pendapatan baru bagi para kelompok tani. Beras hasil produksi kelompok tani sudah tersedia di platform Blibli mulai 26 April lalu
  • Blibli juga membantu distribusi beras subsidi oleh pemerintah melalui jaringan logistik dan distribusi luas miliknya yang mencakup 20 warehouse dan 32 hub di seluruh Indonesia.

Dengan hadirnya berbagai layanan terbaru, Blibli memprediksikan bahwa jumlah order akan bertumbuh 3 kali lipat pada Ramadan tahun ini. Sama seperti rata-rata pertumbuhan order di Ramadan 2019 dan 2018. Situasi COVID-19 saat Ramadan akan mendorong permintaan terhadap produk-produk makanan dan minuman esensial, yaitu susu, obat herbal, minyak goreng, beras, dan bumbu dapur.

Fransisca K. Nugraha, Executive Vice President (EVP) of Consumer Goods Category Blibli menambahkan, di Ramadan tahun ini Blibli mengakselerasi transformasi digital. “Pelanggan, seller, dan pemerintah akan menjadikan e-commerce sebagai kanal ritel utama,” kata Fransisca

Blibli melihat, akselerasi tersebut sudah dimulai. Selama April 2020, jumlah seller meningkat 90% dari tahun-ke-tahun karena seller harus memanfaatkan e-commerce untuk lanjut berjualan. Blibli pun mendukung keberlangsungan usaha para seller dengan menyediakan fasilitas seperti Fufillment By Blibli (FBB). Blibli menangani keseluruhan proses logistik, mulai dari warehousing hingga pengiriman, untuk membantu seller mengurangi biaya operasional. (hlm)

ads-custom-1
sidebar

BERITA TERBARU

header

POPULER