Selasa, 9 Agustus 2022 | 11:38 WIB

Tantangan Belajar Jarak Jauh, Zenius Beri Dukungan ke Guru

BACA JUGA

ads-custom-1

FinTechnesia.com | Data Kemendikbud mencatat sebanyak 97,6% sekolah sudah melakukan pembelajaran jarak jauh. Dari jumlah itu 46= masih mengharuskan guru memberikan pengajaran dari sekolah dengan siswa berada di rumah. 

Keterbatasan akses masih menjadi kendala utama. Tidak semua siswa memiliki fasilitas memadai di rumah. Guru dan sekolah dituntut beradaptasi dengan berbagai tantangan agar memastikan pembelajaran tetap berlanjut untuk 43,5 juta pelajar Indonesia. Untuk itulah, bertepatan di Hari Pendidikan, Zenius meluncurkan program Zenius untuk Guru’. Sebuah program yang membantu para guru menjalankan perannya sebagai garda pendidikan di masa-masa sulit ini. 

Amanda Witdarmono, Chief of Teachers Initiatives Zenius Education, mengatakan, Zenius mencoba memfasilitasi rekan-rekan guru terutama yang berada di daerah agar lebih fasih memanfaatkan teknologi dalam proses pengajaran (pedagogi) jarak jauh. Dan mencoba memberikan jalan keluar bagi mereka yang memiliki keterbatasan akses. “Beberapa inisiatif telah kami lakukan dan kedepannya akan terus kami tingkatkan demi mewujudkan Indonesia Tetap Belajar,” kata Amanda, Sabtu (2/5).

Saat kebijakan pembelajaran jarak jauh dicanangkan pemerintah, Zenius membentuk forum komunitas guru, dalam Grup Facebook dan Telegram. Kini memiliki 390 orang di seluruh Indonesia, meliputi Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, hingga Nusa Tenggara, dan diharapkan terus bertambah. Para guru dibebaskan bertanya, berbagi mengenai kesulitan mereka dapati, dan berdiskusi dengan tim Zenius. Platform ini juga memfasilitasi agar sesama guru dapat memberikan dukungan sosial-emosional satu sama lain, menghadapi tekanan ekstra dalam menyampaikan pembelajaran di saat krisis sambil tetap mendukung kebutuhan emosional siswa.

Selain itu, setiap pekan Zenius mengadakan sesi live sharing tanya jawab interaktif untuk guru melalui akun YouTube dan live chat. Akses untuk bergabung dalam komunitas guru ini bersifat terbuka dan gratis. Sesi tersebut membahas berbagai hal termasuk pelatihan mendasar membuat materi, menyusun jadwal, dan panduan menggunakan platform Zenius, yang masih gratis akses dan kuota jika memakai provider Telkomsel, XL, Tri, dan IM3. 

Lantaran fasilitas masih belum merata bagi seluruh siswa, Zenius menawarkan solusi dengan menyediakan materi rencana pembelajaran jangka panjang berbentuk file PDF secara gratis. Guru dapat memakai materi dan latihan soal tersebut untuk dibagikan pada para siswa. (sya)

ads-custom-1
sidebar

BERITA TERBARU

header

POPULER