Jumat, 19 Agustus 2022 | 13:02 WIB

Memanfaatkan Teknologi Digital Saat Belajar di Rumah

BACA JUGA

ads-custom-1

FinTechnesia.com | Selama puluhan tahun sistem pendidikan Indonesia dilaksanakan dengan sistem belajar tatap muka. Namun, pandemi corona memaksa pendidikan kita menjadi belajar mandiri di rumah. Situasi ini mungkin membuat banyak orang tua kebingungan bagaimana agar kegiatan belajar dapat berjalan senormal mungkin.

Bagaimana membuat anak mengerti, belajar dari rumah sama pentingnya seperti belajar di sekolah. Dan bagaimana agar anak memahami pelajaran dan mengerjakan tugas dari guru mereka.

Nah, teknologi menjadi alat bantu menyukseskan belajar dari rumah yaitu belajar dengan sistem online. Era digital banyak memberikan kemudahan bagi masyarakat, bahkan saat pandemi virus ini.

Sekarang, banyak tersedia informasi dari ranah digital untuk membantu meningkatkan pengetahuan anak. Tersedia banyak buku dan jurnal online yang dapat diakses, baik berbayar atau tanpa berbayar untuk membantu meningkatkan pengetahuan anak.

Head of Digital Channel Sequis Life, Evan Wijaya Tanotogono, mengatakan pandemi telah membatasi ruang gerak kita seperti fisik. Di sisi lain membuka peluang dan kesempatan bagi kita menciptakan kreativitas dalam berkolaborasi. Tentu saja dengan memanfaatkan ketersediaan inovasi digital di sekeliling kita.


“Pendidikan saat ini bukan lagi soal tatap muka dan menerima informasi secara satu arah. Melainkan proses pengembangan diri secara berkelanjutan untuk dapat mengikuti perkembangan zaman. Salah satunya dengan beradaptasi melalui pemanfaatan teknologi digital,” kata Evan, akhir pekan lalu.

Bagi orang tua bisa membuat jurnal harian tentang kegiatan selama di rumah. Misalnya membuat tulisan, foto, video, lagu, lukisan, atau apa saja yang merupakan hasil dari kegiatan project base bersama keluarga. Anda juga dapat mengajak anak menyimak video atau film anak dengan genre pendidikan dan meminta mereka menceritakannya kembali dan menghubungkannya dengan pelajaran mereka.

Dari segi keterampilan, bisa mencoba mengeskplorasi berbagai aplikasi yang bermanfaat dari gadget. Mulai dari tutorial digital, aplikasi kreatif hingga permainan yang membantu mengasah kemampuan motorik, sensorik, dan logika. Berbagai aplikasi tersebut dapat diunduh secara gratis. Jika orang tua harus bekerja, manfaatkan fitur-fitur digital pada gadget untuk melakukan video call untuk memonitor perkembangan belajar anak.

Nah, bagi orang tua yang masih harus bekerja di luar rumah saat pandemi COVID-19, tentu harus lebih waspada. Ikuti rekomendasi WHO dan pemerintah. Mulai menggunakan masker, rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak dan mengikuti petunjuk prosedur saat meninggalkan dan kembali ke rumah.

Evan menyarankan perlu melengkapi diri dengan asuransi yang akan melindungi masa depan anak dari risiko hidup yang penuh ketidakpastian “Jika Anda sudah diasuransikan berarti Anda mengurangi kekhawatiran anggota keluarga yang ada di rumah. Membeli asuransisudah dapat dilakukan secara online. Salah satunya melalui Super You, asuransi digital dari Sequis. Sistem ini memungkinkan proses pembelian hingga pengurusan polis asuransi ecara online tanpa memerlukan komunikasi secara tatap muka maupun telepon,” sebutnya. (mrz)

ads-custom-1
sidebar

BERITA TERBARU

header

POPULER