Rabu, 24 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Awas, Situs Abal-Abal dan Email Berbahaya Memanfaatkan Isu Wabah Corona, Simak Ciri-Cirinya

BACA JUGA




Dengan menggunakan Google Trends dan log traffic, tim Unit 42 mengamati peningkatan tajam minat pengguna terhadap topik yang berkaitan dengan virus Corona Covid-19. Dari hasil pengamatan rata-rata terjadi peningkatan harian pada registrasi nama domain terkait virus Corona sebesar 656% mulai Februari hingga Maret.

Dalam jangka waktu tersebut, Unit 42 dari Palo Alto Networks mencatat pertumbuhan registrasi domain berbahaya sebesar 569%, termasuk malware dan phishing. Serta pertumbuhan registrasi domain berisiko tinggi sebesar 788%. Termasuk scam (penipuan), coin mining tak beriizin, serta domain yang terbukti memiliki hubungan dengan URL jahat dalam domain-domain tersebut. Atau pemanfaatan penyedia layanan bullet proof hosting,yang membuat hosting domain para pelaku kejahatan siber tersebut sulit terlacak.

Hingga akhir Maret, Unit 42 telah mengidentifikasi 116.357 nama domain baru terkait virus corona yang telah terdaftar. Dari seluruh domain baru tersebut, 2.022 domain dinilai berbahaya, sedangkan 40.261 lainnya “berisiko tinggi”.


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER