Senin, 25 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

Awas, Situs Abal-Abal dan Email Berbahaya Memanfaatkan Isu Wabah Corona, Simak Ciri-Cirinya

BACA JUGA




Unit 42 menganalisis domain ini dengan mengelompokkannya berdasarkan informasi pada WHOIS, catatan DNS dan tangkapan layar (dikumpulkan oleh web crawler otomatis) untuk mendeteksi adanya kampanye registrasi domain berbahaya. Sejumlah aksi penipuan pada umumnya bak memancing di air keruh dengan memanfaatkan isu virus Corona. Seperti domain hosting malware, situs phishing, situs untuk penipuan, malvertising, cryptomining, dan Black Hat Search Engine Optimization (SEO), untuk meningkatkan peringkat pencarian situs web secara tidak etis.

Saat ini pengguna seharusnya bersikap sangat skeptis terhadap email atau situs web yang baru terdaftar dengan tema COVID-19. Tak peduli apakah mereka mengklaim memiliki informasi, kit pengujian, ataupun berusaha menawarkan obat-obatan kepada calon korban. Selalu waspada dan memeriksa terlebih dahulu nama domain agar tahu validitas dan keamanannya. Contohnya memastikan apakah domain tersebut adalah domain yang sah (google [.] Com vs g00gle [.] Com). Serta memastikan adanya ikon kunci di sisi kiri bilah URL browser, untuk memastikan koneksi HTTPS yang valid

Email-email bertema COVID-19 yang diterima juga harus diperhatikan. Dengan cara melihat alamat email pengirim yang sering mengungkapkan bahwa konten tersebut kemungkinan tidak valid. Di samping karena tidak dikenal oleh penerima, salah ejaan, atau panjangnya mencurigakan dengan karakter yang tampak acak. (hlm)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER