Rabu, 27 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

Jaringan XL Axiata dan Monitoring Lebaran

BACA JUGA


Peningkatan pemakaian streaming


XL Axiata yakin atas kesiapan jaringan sejauh ini. Seperti kapasitas jaringan ditingkatkan dua lipat dari hari-hari normal. Juga menyangkut kesiapan jaringan di setiap area terkait berubahnya paradigma. Yakni tidak ada mudik berarti tidak ada lagi lonjakan trafik di daerah tertentu.

Termasuk di lokasi-lokasi wisata yang biasa jadi tujuan berlibur selama Lebaran. Penguatan jaringan kini lebih banyak dilakukan di area-area pemukiman. Masyarakat diperkirakan akan lebih banyak melakukan berbagai aktivitas Lebaran di rumah.

Sepekan terakhir, layanan data yang paling banyak diakses adalah berbasis streaming dengan kenaikan sebesar 40% di bandingkan hari normal sebelum pandemi Covid-19. Kemudian layanan gim naik 35%, dan layanan instant messaging (IM) meningkat 15%. Khusus layanan video call atau video conference dan sejenisnya kenaikan trafik melonjak lebih dari lima kali lipat xdibandingkan hari normal sebelum pandemi Covid-19.

Sementara itu, berdasarkan wilayah, kenaikan trafik tertinggi dalam sepekan terakhir sebelum Lebaran, berturut-turut ada di wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, serta Jawa Timur dengan rata-rata naik 3%. Meski tidak ada lagi mudik, XL Axiata tetap bersiap mengantisipasi potensi lonjakan trafik yang bisa saja terjadi sewaktu-waktu.

Untuk itu, prosedur pengawalan jaringan tetap dilaksanakan semaksimal mungkin. Pengerahan mobile BTS juga tetap dipersiapkan untuk memperkuat kualitas jaringan di lokasi-lokasi yang membutuhkan. (eko)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER