Kamis, 25 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Inilah Lima Topik Kesehatan yang Paling Banyak Ditanyakan Selama Ramadan 2020

BACA JUGA


  1. Dispepsia
    Menurut dr Elizabeth Clarissa, mitra dokter dari Good Doctor Technology Indonesia, dispepsia, atau gangguan pencernaan, adalah ketidaknyamanan atau rasa sakit di bagian perut atas. Istilah ini mengacu pada gejala seperti kembung, perut terasa tidak nyaman, mual, dan bersendawa. Mengingat, dalam sebagian besar kasus, gangguan pencernaan berkaitan dengan makan atau minum maka tidak heran jika keluhan ini paling umu dikonsultasikan selama bulan Ramadan. Dispepsia juga dapat dipicu pikiran yang stress atau kecemasan. Kemungkinan kecemasan dalam situasi pandemik corona dalam bulan puasa kali ini pun menjadi faktor meningkatnya kondisi . Good Doctor mencatat, 10% konsultasi membahas topik seputar dispepsia.
  2. Gangguan kulit sebanyak 9%. Dr Elizabeth mengatakan masalah kesehatan tidak hanya terbatas ketidaknyamanan internal, tapi juga masalah kulit topikal. Gangguan kulit juga bisa mencerminkan masalah kesehatan internal. masalah kulit seperti kulit kering, erjerawat, dan sensitif dapat terjadi karena pola makan dan tidur yang kurang baik.
  3. Tips berpuasa untuk wanita hamil dan menyusui. Meskipun hukum Islam tidak mengharuskan wanita hamil untuk berpuasa demi kesehatan ibu dan bayinya, masih ada beberapa yang mempertanyakan ke mitra dokter di GrabHealth powered by Good Doctor mengenai tips dan penjelasan medis mengenai cara berpuasa yang baik untuk wanita hamil dan menyusui. Topik seputar wanita hamil dan menyusui selama bulan puasa menduduki peringkat ke-3 sebagai topik yang paling banyak ditanyakan di aplikasi GrabHealth powered by Good Doctor dengan jumlah sebanyak 7%.
  4. Pegal-pegal dan nyeri kepala. Kondisi ini sering dialami oleh masyarakat umum. Selama Ramadan, pola tidur dan aktivitas fisik yang tidak teratur banyak menyebabkan keluhan ini. Ada sebanyak 5% konsultasi soal ini.
  5. Pola makan baik saat puasa. Gejala sakit dan masalah kesehatan dapat dihindari dengan perubahan tata cara makan pada bulan puasa. sebanyak 5% konsultasi di GrabHealth powered by Good Doctor membahas pola makan yang baik agar puasa berjalan dengan lancar dan bebas dari masalah kesehatan. (sya)

BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER