Kamis, 25 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Penggunaan Internet Selama Pandemi Meningkat, Kejahatan Siber Mengintai, Ini Modusnya

BACA JUGA




Sementara Gojek mengklaim terus memperkuat keamanan ekosistemnya. Selama pandemi, Gojek menjadi andalan masyarakat yang berada di rumah. Terlihat dari kenaikan transaksi GoPay di layanan GoFood, GoSend dan GoShop. Serta di luar layanan Gojek seperti e-commerce, gaming hingga donasi digital.

Senior Vice President IT Governance, Risk & Compliance GoPay, Genesha Saputra, menjelaskan, pihaknya memiliki Gojek SHIELD, yaitu teknologi keamanan yang menjamin keamanan pengguna saat menggunakan aplikasi Gojek. Gojek SHIELD diaplikasikan di seluruh aplikasi untuk konsumen, merchant dan mitra driver. “Penerapan Gojek SHIELD memungkinkan adanya perlindungan keamanan berlapis melalui penerapan verifikasi PIN. Dan tidak kalah mutakhir adalah intervensi chat berbasis artificial intelligence, guna mencegah aksi penipuan bermodus manipulasi psikologis,ā€ terang Ganesha

Direktur Jenderal Aptika Kominfo, Semuel Pangerapan menjelaskan, data yang diterima Kominfo selama pandemi menunjukkanp eningkatan penggunaan akses internet dan pemanfaatan teknologi informasi untuk menunjang aktivitas harian masyarakat. “Kami memperkirakan pemanfaatan internet akan terus meningkat seiring memasuki tatanan kehidupan baru pasca COVID-19. Penggunaan platform digital tidak hanya membantu mempermudah komunikasi masyarakat tetapi juga membantu UMKM untuk terus dapat mempertahankan usahanya dalam masa pandemi ini. Sehingga, kepercayaan publik kepada platform digital penting untuk dijaga dan ditingkatkan,” terang Semuel. (yof)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER