Rabu, 24 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Data Tokopedia: Saat Ramadan dan PSBB, Masyarakat Gemar Ngopi, Berkebun dan Jaga Kesehatan

BACA JUGA




Sebelumnya, Tokopedia menggandeng lebih dari 1.000 pelaku usaha kopi lokal. Mulai mempercepat adopsi digital hingga menyesuaikan varian produk. Kini lebih dari 80% penjualan mereka dari pemesanan online lewat Tokopedia.

Selain berburu kopi, berkebun juga menjadi kegiatan yang sangat digemari masyarakat di tengah pembatasan sosial berskala besar (PSBB) selama Ramadan. “Terlihat dari meningkatnya penjualan produk tanaman, pot dan tempat penyimpanan pada kategori Rumah Tangga,” jelas Nuraini.

Selama Ramadan di tengah PSBB, pola masyarakat dalam bekerja hingga mencari hiburan cenderung bergeser. Data internal Tokopedia memperlihatkan pada kategori Elektronik, earphone, lampu bohlam dan speaker adalah produk yang paling diburu.

Selain itu, Kesehatan masih menjadi salah satu kategori yang meningkat signifikan. Produk paling diminati mencakup vitamin, peralatan P3K dan masker mulut. Tokopedia sebelumnya juga menjalin kerja sama dengan para desainer lokal untuk mengampanyekan penggunaan masker kain untuk menekan laju penyebaran pandemi corona

Imbauan PSBB dmendorong masyarakat lebih banyak beraktivitas di rumah, termasuk dalam membayar tagihan listrik. Jumlah tagihan listrik yang tercatat dibayarkan melalui Tokopedia cukup untuk memenuhi kebutuhan listrik lebih dari 3,5 juta rumah selama satu bulan. (sya)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER