Rabu, 27 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

Perlindungan Keanekaragaman Hayati Dunia, Begini Peranan Teknologi

BACA JUGA


Memonitor habitat liar


Kedua, melindungi hutan hujan tropis. Deforestasi menyebabkan 17% emisi karbon global. Rainforest Connection menggunakan TensorFlow, platform machine learning open-source Google, untuk mencegah pembalakan liar di berbagai hutan hujan tropis di seluruh dunia. Mereka menempatkan ponsel model lama di atas pohon untuk merekam suara di hutan.

Lalu melatih sistem machine learning untuk mengenali suara gergaji mesin dari berbagai suara yang ada di hutan. Ini membantu para penjaga hutan mendapatkan notifikasi instan saat ada pembalak liar yang berusaha menebang pohon secara ilegal.

Ketiga, memonitor habitat liar. Habitat alami sangatlah penting bagi perlindungan dan keberlangsungan hidup berbagai spesies flora dan fauna di seluruh dunia. Tahun 2013, melalui kerjasama yang dipimpin peneliti di University of Maryland, Google membantu peluncuran Global Forest Watch, yaitu sebuah peta yang menguantifikasikan luas hutan secara global dan perubahannya, mulai dengan data dari tahun 2000.

Pemetaan hutan global secara kronologis ini tidak hanya memungkinkan berbagai aplikasi ilmiah, seperti upaya pemodelan perubahan iklim dan keanekaragaman hayati. Tapi juga menjadi dasar bagi pembentukan kebijakan dengan menyediakan data objektif tentang hutan yang bisa langsung dimanfaatkan oleh pemerintah, organisasi sipil dan industri swasta untuk memperbaiki pengelolaan hutan.


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER