Rabu, 24 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

BPR Berperan Penting Dalam Peningkatan Kapasitas UMKM Pasca Corona

BACA JUGA




Ketua Dewan Sertifikasi dan Ketua Umum DPP Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (Perbarindo), Joko Suyanto menyebutkan, keberpihakan kepada UMKM dalam masa pandemi Covid 19 harus menjadi prioritas pemerintah. “Bank membuat strategi pasca relaksasi Covid 19. Sehingga kinerja dan likuiditas tetap terjaga. Dalam upaya menjaga kesehatan likuiditas bank, pemerintah
bersama seluruh stakeholders harus menjaga kepercayaan publik agar tidak panik,” tandasnya.

Ketua Indonesia Banking School (IBS) Kusumaningtuti Sandriharmy Soetiono menyatakan, salah satu cara membangkitkan kembali geliat UMKM, adalah memberikan aliran dana kepada pengusaha UMKM agar mereka bisa bertahan. Karena itulah dibutuhkan dukungan modal dari industri jasa keuangan. Sehingga bisa bangkit kembali dan memutar penghasilannya sebagai modal bagi produk lain yang sudah habis.

BPR dinilai sangat potensial untuk mengalirkan dana. Tercatat pelayanan kredit BPR kepada masyarakat termasuk UMKM sekitar Rp 92,5 triliun atau tumbuh 8,3% per tahun. Dari sisi operasional, BOPO BPR yang cukup baik, yaitu sekitar 80% dengan NPL 3,58%. Dan tingkat profitabilitas atau ROA pada kisaran 2,48%. (yof)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER