Jumat, 29 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

Marak Penipuan Berkedok Lelang Online, Ini Kata Pakar Siber

BACA JUGA




Menurut Ardi kejahatan lelang apapun sulit dicegah. Kecuali bila seluruh masyarakat bersama-sama membangun awareness. Hal ini melalui edukasi. Dimulai dari sekolah hingga perguruan tinggi. Juga dipadukan pembangunan literasi digital.

Sedangkan PT Pegadaian (Persero)  juga harus punya komitmen tak cuma melindungi perusahaan. Namun seluruh ekosistem yang menjadikannya sebagai suatu perusahaan besar. Termasuk keamanan dan keselamatan nasabah dan calon nasabahnya. Oleh karena itu Langkah Pegadaian bekerja sama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) merupakan langkah tepat.

Ardi menjelaskan modus pelaku kejahatan lelang online ini, tidak mengenal umur, status sosial, tingkat pendidikan, kedudukan dan jabatan. Hampir semua tingkatan masyarakat  menjadi korban. Oleh karena itu, ia meminta agar masyarakat jauh lebih berhati-hati dan bijak dalam menggunakan media sosial.

Sementara itu, Sekretaris PT Pegadaian, R. Swasono Amoeng Widodo, meminta masyarakat mewaspadai penipuan berkedok lelang online yang mengatasnamakan Pegadaian. Penipuan ini beredar melalui berbagai media sosial oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Sampai saat ini Pegadaian tidak memiliki program atau melakukan lelang secara online. “Proses lelang secara langsung dan terbuka untuk semua orang di outlet-outlet Pegadaian, bazar, atau pameran,” tegas Swasono. (mrz)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER