Rabu, 17 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Di New Normal, Masyarakat Siap Bayar Webinar, Asal….

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Pembatasan sosial berskala besar (PSBB) melahirkan kebiasaan baru yang berlanjut di masa new normal. Di tengah pembatasan fisik yang menjadi kendala penyelenggaraan seminar, webinar hadir sebagai solusi.

Webinar merupakan kependekan dari web-based seminar alias seminar berbasis web. Webinar sebetulnya bukan barang baru. Tapi popularitasnya baru melonjak satu dua bulan terakhir ini. Kini hampir setiap hari ada informasi mengenai jadwal webinar baik yang gratis maupun berbayar.

Imogen Communications Institute (ICI) dalam survei terbaru, Selasa (16/6) mengungkapkan di masa new normal, webinar masih tetap menjadi tren. Namun sudah dengan konten yang lebih serius dan berbayar.

Dari hasil survei kepada 100 orang responden di seluruh Indonesia pada Mei 2020, 56% responden menyatakan tertarik mengikuti webinar berbayar. 44% memilih mengikuti webinar gratis. “Sebagian bessar responden tertarik mengikuti webinar berbayar asalkan tanpa syarat-syarat khusus. Harga terjangkau serta materinya menarik dan bermanfaat dalam menambah pengetahuan dan skill,” jelas Jojo S. Nugroho, Managing Director Imogen PR sekaligus Principal ICI.

ICI melakukan survey ini untuk mendapatkan insight terkait preferensi masyarakat terhadap serba serbi penggunaan Zoom sebagai platform seminar dan kelas daring. Survey dilakukan dengan memberikan pertanyaan pilihan ganda

Menurut Jojo, para responden rela mengeluarkan bujet untuk mengikuti webinar berbayar sesuai kemampuan ekonominya dan kebutuhan masing-masing. Dari responden yang menyatakan tertarik mengikuti webinar berbayar tersebut, 60% bersedia antara Rp100.000 – Rp 200.000.

Sementara itu 13% responden lain bersedia membayar lebih dari Rp 200.000 dan 8% bersedia membayar bila harganya kurang dari Rp100.000. ”Yang penting buat mereka, syarat webinar berbayar yang diminati di antaranya memiliki konten atau materi inspiratif, eksklusif, berbicara hal teknis dan menampilkan pembicara yang keren dan popular,” jelas Jojo. (sya)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER