Jumat, 22 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

Kaspersky Sediakan Fasilitas Keamanan Bagi Mobil Otonom

BACA JUGA




Otomasi dalam kendaraan untuk meningkatkan kualitas kehidupan. Dengan meningkatkan pengalaman mobilitas, mengembangkan kapasitas jalan, dan memperpendek waktu yang sebelumnya dihabiskan untuk mengemudi. Namun, salah satu kekhawatiran utama yang cukup skeptis terhadap teknologi adalah keamanan.

Sudah ada beberapa kasus yang membuktikan betapa pentingnya keamanan siber untuk memastikan keamanan fisik. Seiring kerentanan sebelumnya, menyebabkan aktor ancaman mengambil kendali atas sistem mobil.

Itulah sebabnya Kaspersky melanjutkan penelitian dan pengembangan solusi. Serta layanan untuk mengamankan kendaraan menggunakan fungsi ADAS bekerja sama dengan AVL SFR. AVL ini bagian perusahaan engineering otomotif independen terbesar di dunia untuk pengembangan, simulasi, dan pengujian.

Dibangun berdasarkan platform ECU terbaru oleh AVL SFR, ADAS ECU memiliki dua prosesor sistem on-a-chip dengan performa tinggi, pengontrol keselamatan dan kemampuan konektivitas yang luas. Termasuk tautan ke kamera, penutup, dan komponen terkait lainnya. Platform perangkat kerasnya juga mendukung controller area network dan standar ethernet otomotif, memungkinkan untuk proses komunikasi yang aman antar perangkat di dalam kendaraan.

Dalam sebagian besar kasus0, aktor ancaman akan mengeksploitasi kesalahan kode yang secara tidak sengaja terlewatkan oleh pengembang. Ini dapat terjadi karena kendaraan modern adalah sistem yang kompleks. Sehingga sulit

mengelola keamanan seluruh komponen. Selain itu, sistem ini diperbarui secara berkala, dan penting untuk memastikan bahwa perubahan dalam satu komponen tidak akan memengaruhi cara kendaraan beroperasi. KasperskyOS memberikan pemisahan yang kuat antar komponen. Sehingga gangguan apapun yang tidak diinginkan tidak akan terjadi secara default. Interaksi antara seluruh komponen elektronik dikendalikan oleh sistem keamanan Kaspersky, yaitu mesin kebijakan keamanan dalam KasperskyOS. Sistem ini akan memantau peluncuran proses, serta komunikasi antara masing-masing komponen dan sistem operasi.

Sebagai mitra rekanan terbaru dari AUTOSAR, sebuah konsorsium yang bertujuan mengembangkan standar mutual untuk arsitektur perangkat lunak otomotif, Kaspersky juga telah menciptakan wadah pengembangan perangkat lunak (software development kit – SDK) yang dijuluki sebagai Kaspersky Automotive Adaptive Platform.

Dengan ini, AVL SFR dapat mengembangkan aplikasi untuk kendaraan otomatis dan bahkan tanpa pengemudi. Seperti menghadirkan fitur pilot otomatis, mengendalikan sistem keselamatan, dan memantau kesehatannya. Ini juga memungkinkan perangkat lunak lain untuk diadopsi, dengan mengikuti persyaratan Adaptive AUTOSAR, dan dapat bekerja pada KasperskyOS tanpa perubahan tambahan.

“Ketika menyangkut kendaraan otonom yang sangat penting menjamin keamanan dan keselamatan pengemudi, bersama dengan penumpang dan pejalan kaki. Bahkan jika terdapat kerentanan dalam perangkat lunak kendaraan, segala upaya berbahaya untuk mengeksploitasinya tidak akan berhasil, karena mereka akan dicegah oleh sistem operasi kami, KasperskyOS,” terang Grigory Sizov, Kepala Unit Bisnis KasperskyOS, Kaspersky, pekan lalu. (mrz)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER