Jumat, 29 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

Aplikasi PeduliLindungi Terintegrasi dengan Gojek

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bersama Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) meluncurkan hasil kerja sama perluasan akses aplikasi PeduliLindungi dan Publikasi Konten Cerdas Bertelekomunikasi. Upaya itu dukungan agar masyarakat berpartisipasi aktif untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Sekaligus memanfaatkan teknologi telekomunikasi agar lebih produktif dan aman beraktivitas selama pandemi.

Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kominfo Ahmad M. Ramli menuturkan, PeduliLindungi melakukan tracing (penelusuran) dan tracking (pelacakan) lokasi masyarakat. “Aplikasi menggunakan teknologi bluetooth yang terenkripsi dan aman untuk digunakan,” ujar Ramli, Selasa (30/6). Guna meningkatkan jangkauan penggunaan PeduliLindungi, Kominfo melakukan integrasi aplikasi dengan Gojek. 

Wakil Menteri BUMN, Budi Gunadi menyatakan, menyatakan, PeduliLindungi sudah didownload lebih dari 4 juta kali. “Sebelumnya memang lebih berfungsi sebagai tracking, tracing dan fencing. Harapan ke depan segera masuk ke tahap berikutnya sebagai fungsi screening. Sehingga bisa dimanfaatkan ratusan juta rakyat Indonesia sebagai infrastruktur yang normal baru mengatasi masalah Pandemi Covid-19,” paparnya.

Menurut Budi, PeduliLindungi merupakan salah satu infrastruktur dasar normal baru. Fungsi screening diperlukan untuk kesehatan bukan security. Dan menjadi salah satu infrastruktur dasar normal baru sesudah Covid-19. “Kita harus bikin seefisien mungkin, sebaik mungkin, secepat mungkin, semudah mungkin agar setiap manusia tidak usah takut beraktivitas,” tutur Budi.


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER