Kamis, 25 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Danareksa Tingkatkan Kesejahteraan UMKM Indonesia melalui Program Kemitraan

BACA JUGA




FinTechnesia.com |PT Danareksa (Persero) mendorong dan mendukung usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) melalui Program Kemitraan. Danareka telah menjalankan program ini lebih dari 25 tahun.

UMKM memiliki peran yang penting dan strategis bagi pembangunan nasional. Data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah menyebutkan, UMKM memiliki proporsi 99,9% dari total n pelaku usaha. Dan menyerap lebih dari 97% dari total tenaga kerja serta 99% dari total lapangan kerja.

Data tersebut menunjukkan, UMKM adalah salah satu pendorong utama pertumbuhan ekonomi Indonesia. Meskipun demikian, pada prosesnya UMKM akan tetap menghadapi berbagai tantangan. Baik sisi eksternal seperti iklim usaha yang ada, persaingan usaha maupun dari sisi internal seperti permasalahan sumber daya manusia maupun dari sisi pembiayaan usaha. Maka dukungan dari berbagai pihak termasuk BUMN sangatlah dibutuhkan.

Sekretaris Perusahaan PT Danareksa (Persero), Chairul Iman mengatakan melalui kegiatan program kemitraan ini, diharapkan Danareksa dapat memperkuat reputasinya sebagai perusahaan yang secara konsisten menunjukkan kepedulian kepada masyarakat. Serta sebagai penyambung informasi kepada para pemangku kepentingan dalam upayanya meningkatkan kesejahteraan UMKM di Indonesia.”

Danareksa menyadari tantangan UMKM menjalankan usahanya. Terlebih saat ini penuh ketidakpastian. Program Kemitraan ini merupakan upaya Danareksa membantu meringankan ketidakpastian tersebut. “Diharapkan dukungan Danareksa memastikan dan meyakinkan UMKM untuk terus berkontribusi pada perekonomian negara serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat ke depan,” ujar Chairul, pekan lalu.

Selama tahun 2019, Danareksa telah menyalurkan dana Program Kemitraan di Jawa Barat dan Jawa Timur. Di Jawa Barat penyaluran kepada kelompok usaha sapi perah Kabupaten Bandung Barat. Sedangkan di wilayah Jawa Timur, penyaluran kepada kelompok usaha perajin rotan sintetis dan beberapa UMKM di Kota Malang dan sekitarnya.

Selain itu pada Program Kemitraan ini, Danareksa turut memberikan pelatihan, pengawasan serta pendampingan bagi para mitra binaan. Menggandeng dengan Pusat Pelayanan Pengembangan Pemberdayaan Masyarakat (P4M) Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Brawijaya dan PT Permodalan Nasional Madani (Persero). Untuk memastikan UMKM Mitra Binaan dapat beroperasi dengan baik ke depan. (eko)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER