Kamis, 25 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Lebih Efisien dengan Dapur Bersama GoFood, Koperasi Binaan Kemkop UKM Bergabung dengan GoFresh

BACA JUGA


Pangkas biaya sewa dan infrastruktur
  • Mengurangi biaya sewa dan beban infrastruktur. Dapur Bersama menyediakan kebutuhan infrastruktur dapur dan utilitas dasar (drainase, saluran listrik dan pipa gas). Sehingga mengurangi biaya sewa dan pemeliharaan bangunan.
  • Mengurangi biaya operasional. Dengan basis delivery-only (hanya melayani pengantaran). Biaya operasional dan sumber daya manusia menjadi lebih rendah dibandingkan operasional restoran dine-in (makan di tempat).
  • Menjaga arus kas karena tidak perlu bayar sewa di muka. Berbeda dari area komersial pada umumnya, mitra UMKM tidak perlu membayar sewa di muka setiap tahun. Sehingga membantu menjaga kelancaran arus kas (cash flow). Pembayaran menggunakan sistem bagi hasil keuntungan.
  • Ekspansi bisnis minim modal dan risiko. Lokasi Dapur Bersama berdasarkan big data transaksi GoFood. Sehingga sesuai permintaan pasar. UMKM bisa  melakukan ekspansi ke wilayah-wilayah baru. Sehingga menjadi lebih dekat dengan konsumen dengan risiko dan modal yang relatif lebih rendah.


Sejak diluncurkan Oktober 2019, Dapur Bersama GoFood kini beroperasi di 27 lokasi di 3 wilayah di Indonesia (Jabodetabek, Bandung, dan Medan). Kapasitas saat ini telah mencapai sekitar 250 outlet usaha kuliner.

Dapur Bersama GoFood konsisten memberlakukan protokol keamanan dan menerapkan standar kebersihan dan kesehatan dalam mengelola makanan mengikuti Panduan BPOM.

Kemenkop UKM juga mengapresiasi inovasi lain Gojek yang menumbuhkembangkan UMKM, yaitu GoFresh. Layanan marketplace yang lebih mudah menghubungkan berbagai UMKM pemasok bahan baku makanan dengan pembeli. Anggota koperasi binaan Kemenkop UKM segera bergabung di GoFresh untuk mendukung kebutuhan bahan baku makanan di Dapur Bersama. (sya)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER