Rabu, 24 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Himbara Dukung Pembangunan Sirkuit Mandalika

BACA JUGA




FinTechnesia.com | PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), BUMN pengembang kawasan pariwisata The Nusa Dua, Bali dan The Mandalika, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Nusa Tenggara Barat, menyelesaikan pembangunan Mandalika Street Circuit (Sirkuit Mandalika. Sirkuit ini guna penyelenggaraan MotoGP Indonesia yang rencananya pada akhir tahun 2021.

Mempercepat penyelesaian pembangunan, pekan lalu, ITDC menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) pembangunan Sirkuit Mandalika dengan PT PP (Persero) Tbk senilai Rp 900 miliar. ITDC juga menandatangani termsheet fasilitas sindikasi perbankan yang melibatkan anggota Himbara. Yaitu Bank Mandiri, BNI, Bank Rakyat Indonesia (BRI), dan Bank Tabungan Negara (BTN) untuk mendukung pembangunan sirkuit.

Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, kesuksesan penyelenggaraan MotoGP 2021 sangat penting bagi Indonesia. Kerjasama antara ITDC, PP dan Himbara merupakan suatu komitmen solid dari BUMN untuk mendukung kesiapan Indonesia sebagai tuan rumah MotoGP 2021. “Sirkuit Mandalika memiliki keunikan karena menyusuri pinggir pantai yang indah, sehingga diharapkan dapat menjadi daya tarik mendorong industri pariwisata Indonesia.” kata Tiko, sapaan Kartika.

Melalui kolaborasi antar BUMN pembangunan menggunakan skema pre financed project dalam rangka pengembangan kawasan Sirkuit Mandalika di lahan seluas 52,5 hektare. Sirkuit Mandalika dengan panjang lintasan 4,31 Km merupakan sirkuit jalan raya pertama di dunia yang dibangun. Mulai tahap konsep serta menawarkan pemandangan indah ke bukit-bukit dan pantai yang menjadi kekayaan alami kawasan pariwisata di selatan Pulau Lombok ini. Sirkuit ini akan menjadi sirkuit jalan raya pertama di dunia yang menyelenggarakan perhelatan balap motor MotoGP.. (sya)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER