Abang Gojek akan Dapat Kredit dari BRI dan Bebas Bayar Tiga Bulan

Ilustrasi driver Gojek
Ilustrasi driver Gojek

FinTechnesia.com | Gojek menjadi salah satu mitra Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) dan pemerintah dalam program Digital Kredit untuk UMKM (DigiKU).

Sejalan dengan itu, mitra merchant usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) GoFood akan mendapatkan akses pinjaman dengan fasilitas bunga ringan dari anggota Himbara. Termasuk Bank Rakyat Indonesia (BRI).

DigiKU merupakan gerakan bersama antara pemerintah, Himbara, dan pelaku ekosistem digital sebagai bagian dari Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI).

Chief Public Policy and Government Relations Gojek, Shinto Nugroho memaparkan Gojek sudah berkolaborasi dengan BRI menyediakan akses fasilitas pinjaman bunga ringan kepada mitra UMKM. “Situasi pandemi sangat mempengaruhi pendapatan mitra kami, sehingga fasilitas pinjaman bunga ringan ini akan membantu meringankan beban keuangan mereka. Khususnya bagi UMKM, fasilitas diharapkan menjaga perputaran usaha sekaligus menangkap kesempatan baru,” ungkap Shinto

Dalam program DigiKu, Gojek juga akan menyediakan informasi bagi Himbara dan pemerintah untuk mendukung penyaluran kredit yang tepat bagi UMKM. Mengingat salah satu tantangan penyaluran kredit pada UMKM adalah keterbatasan data transaksional dan kesehatan usaha mereka serta aset untuk dijaminkan.

Melalui skema gotong-royong yang ada dalam program DigiKU, Gojek membantu Himbara untuk dapat mengetahui mana UMKM yang tepat untuk memperoleh bantuan pembiayaan.