Rabu, 24 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Gojek Gratiskan Biaya Transaksi Online Lewat Midtrans

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Gojek terus mendukung jutaan UMKM beradaptasi dan tumbuh selama periode pandemi lewat digitalisasi. Gojek membebaskan biaya transaksi online khusus untuk para merchant baru (merchant discount rate) lewat salah satu ekosistemnya, yaitu payment gateway Midtrans.

Pembebasan biaya transaksi ini berlaku untuk total transaksi hingga Rp 500 juta. Dengan pembebasan biaya transaksi, diharapkan UMKM semakin mudah dan cepat bergeser ke ranah online. Sehingga mereka dapat menjangkau lebih banyak konsumen dan meningkatkan omzet usaha.

Kemudahan ini dapat dimanfaatkan tidak hanya oleh UMKM kuliner. Tapi semua jenis UMKM yang tergabung ke dalam Midtrans sejak 15 Juli hingga 15 September 2020. Baik yang telah memiliki situs pembelanjaan sendiri maupun yang menggunakan media sosial dan aplikasi chat untuk memasarkan produk dan berinteraksi dengan pelanggan mereka.

Untuk penggunaan di media sosial dan chat, merchant cukup membagikan link pembayaran ke pelanggan baik melalui SMS maupun pesan teks instan dengan fitur Payment Link. Saat ini Payment Link menerima pembayaran melalui kartu kredit, debit dan berbagai uang elektronik melalui kode QRIS.

Erwin Tanudjaja, CEO Midtrans mengatakan, inisiatif ini agar membawa lebih banyak pelaku UMKM ke ranah online. Prroses bisnis harus dapat dilakukan dengan mudah dan biaya rendah.

“Dengan program Midtrans, kami membantu pelaku usaha bangkit. Dan mempercepat proses adaptasi mereka bertransaksi online di tengah adaptasi kebiasaan baru masyarakat,” jelasnya, awal pekan ini.

Teknologi Midtrans juga membantu pelaku UMKM menjalankan bisnis online secara lebih efisien, aman dan transparan. Layanan Midtrans memiliki fitur, mulai dari pembayaran instan, analisa data penjualan, hingga teknologi pengamanan menggunakan kecerdasan buatan.

“Dengan demikian, para pelaku UMKM dapat beradaptasi terhadap perubahan perilaku transaksi konsumen yang menginginkan transaksi yang mudah dan aman di masa pandemi ini,” jelas Erwin.

Gojek telah membantu UMKM memperluas pasar ke bisnis onlin. Lewat berbagai solusi digital lengkap, dari pemasaran ke jutaan konsumen Gojek, pengiriman barang, hingga pelatihan dan jejaring di komunitas wirausaha.

Gojek juga mengembangkan infrastruktur berbasis teknologi agar pelaku UMKM dapat terus mengembangkan usaha. Dalam periode Maret hingga Mei 2020, terdapat lebih dari 100.000 UMKM bergabung di dalam platform Gojek dan memperluas pasar ke bisnis online di tengah pandemi COVID-19. (sya)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER