Jumat, 29 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

XL Axiata dan KKP Sosialisasikan Aplikasi Laut Nusantara di Subang

BACA JUGA




FinTechnesia.com |XL Axiata turut mendukung program Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) guna mengembangkan dan mendiversifikasi usaha nelayan di pantai Subang, Jawa Barat. Program KKP ini untuk membantu masyarakat nelayan setempat agar bisa lebih produktif. Baik dalam tangkapan ikan di laut, maupun melalui usaha lain.

Group Head Central Region XL Axiata, Rd. Sofia Purbayanti mengatakan, KKP memang memiliki program dukungan kepada masyarakat nelayan di pantai Patimban, Subang, dan sekitarnya. Tujuannya mengembangkan dan mendiversifikasi usaha ekonomi nelayan. “Kami dari XL Axiata menawarkan penggunaan alat bantu berbasis teknologi digital, yaitu aplikasi Laut Nusantara agar mereka gunakan guna meningkatkan produktivitas tangkapan ikan,” katanya, Senin (27/7).

Pada program sosialisasi ini tim XL Axiata mengajarkan langsung penggunaan aplikasi Laut Nusantara kepada 100 nelayan. Mereka juga diberikan pemahaman manfaat dari teknologi digital untuk membantu meningkatkan hasil tangkapan ikan di laut. Sekaligus memastikan keamanan mereka dalam bekerja.

Salah satu fitur yang mereka butuhkan adalah petunjuk lokasi tempat ikan berada, yang selama ini tidak bisa mereka perkirakan. Teknologi digital yang didukung data satelit mampu memberikan data-data ini.

Bersamaan sosialisasi, XL Axiata juga membekali 36 orang yang terdiri dari Koordinator Nelayan dan Penyuluh KP dengan smartphone yang di dalamnya sudah terpasang aplikasi Laut Nusantara. Sebelumnya, para nelayan sudah terlebih dulu mendapatkan pelatihan Laut Nusantara. Dengan begitu, mereka bisa langsung memanfaatkannya saat melaut.


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER