Rabu, 27 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

Transformasi Digital Menjadi Bagian Penting Kebangkitan UKM

BACA JUGA




FinTechnesia.com | HP Inc. meluncurkan studi terbaru terkait para pelaku usaha kecil menengah (UKM) di Asia-Pasifik, bertajuk Survival to Revival”. Studi berdasarkan survei dari 1.600 pelaku UKM di delapan negara Asia.

Studi ini mengungkapkan, lebih dari 50% pelaku UKM berharap bertahan hidup dan berkembang dalam situasi pandemi. Mereka juga merasa bahwa transformasi digital akan menjadi bagian penting kebangkitan ini.

Sekitar 60% responden melihat transformasi digital sebagai kunci inovasi dalam proses dan fleksibilitas
kerja, serta kustomisasi produk dan layanan yang diidentifikasi sebagai strategi masa depan. Namun, solusi hemat biaya diperlukan mengingat cashflow tetap menjadi pertimbangan utama.

Pelaku UKM merasa tidak yakin ke mana mereka harus mencari solusi yang tersedia. Ini pmerupakan hal yang penting, terutama dengan hanya 4 dari 10 UKM yang memiliki divisi atau karyawan yang bertanggung jawab untuk berinovasi.

Pandemi ini telah memukul roda ekonomi UKM. “Sebagai mesin pertumbuhan perekonomian di Asia, sangat penting bagi para pelaku UKM untuk bertahan hidup dan mendongkrak kembali bisnis mereka,” kata Ng Tian Chong, Managing Director Greater Asia HP, pekan lalu. (sya)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER