Jumat, 29 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

Bank BNI Mendukung Ketahanan Pangan di Bangka Belitung

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Upaya mewujudkan ketahanan pangan nasional menghadapi tantangan serius. Menghadapi ancaman krisis pangan dunia akibat pandemi COVID – 19, membutuhkan kerjasama kuat antara berbagai pemangku kepentingan.

Antara lain melalui kolaborasi Kementerian Pertanian (Kementan) dan Bank BNI. Keduanya fokus pada pembentukan lumbung pangan.

Memasuki musim kemarau di era adaptasi kebiasaan baru, ketersediaan pangan menjadi fokus pemerintah. Oleh karena itu, sektor pertanian harus terus dikelola dengan baik. Sehingga produktivitas meningkat.

BNI mendukung rangkaian kegiatan pengelolaan ketahanan Kementan di Kabupaten Bangka Selatan dan Kabupaten Bangka melalui pembiayaan pada ekosistem pertanian. Selain kredit usaha rakyat (KUR), BNI melakukan pendampingan, pelatihan dan pengembangan sektor pertanian secara komprehensif.

Dukungan BNI di sektor pertanian melalui pengelolaan kewirausahaan pertanian, kegiatan menyongsong pertanian 4.0 (smartfarming), serta serap gabah dan aktivitas lain.

Dukungan BNI terhadap program Ketahanan Pangan Nasional salah satunya melalui penyerahan KUR Tani BNI kepada petani di Bangka Belitung. “Pemerintah mendorong penyaluran KUR dimaksimalkan agar petani sejahtera dari usaha tani,” ujar Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, Selasa (11/8).

Direktur Utama BNI, Herry Sidharta mengungkapkan, pada masa pandemi, ketika hampir semua sektor terdampak, sektor pertanian muncul sebagai pemenang. Tetap membukukan pertumbuhan positif termasuk komoditas ekspornya. Oleh karena itu, BNI kian aktif berkontribusi di sektor pertanian sesuai peran dan tanggung jawab yang ada,” ujarnya.

Peran BNI tersebut terlihat dari angka ekspansi KUR di sektor pertanian yang terus meningkat. Di Provinsi Bangka Belitung, KUR sektor pertanian tersalurkan sebanyak Rp 20,9 miliar kepada 168 debitur. Secara nasional dari Januari hingga 31 Juli 2020, KUR sektor pertanian BNI tersalurkan sebanyak Rp 2,73 triliun kepada 86.992 debitur.

BNI juga terus berinovasi melalui pembiayaan digital, antara lain melalui aplikasi BNI Move Agriculture. Ini selaras dengan program DigiKU dan Pemulihan Ekonomi Nasional. (eko)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER