Senin, 15 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

XL Axiata Meluncurkan Layanan VoLTE

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Melengkapi layanan digital teknologi terbaru, jaringan XL Axiata siap untuk mendukung layanan Voice over LTE (VoLTE). Tahap awal, jaringan XL Axiata siap mendukung layanan VOLTE di Jakarta dan Medan.

Selanjutnya, XL Axiata memperluas ke area lain, seiring penyiapan jaringan infrastruktur pendukungnya. Untuk kesiapan jaringan mendukung layanan VoLTE ini, XL Axiata menggandeng Ericsson dan Huawei sebagai mitra teknologi jaringan radio dan core.

VoLTE atau Voice Over LTE adalah layanan percakapan (voice) atau telepon melalui jaringan data LTE (Long Term Evolution). Dengan VoLTE layanan voice menjadi lebih baik. kualitas suara menjadi sangat jernih.

Selain itu, kecepatan sambung yang sangat singkat. XL Axiata optimistis layanan VoLTE bisa menjadi fitur layanan percakapan pilihan pelanggan.

Baca juga: Menelepon Jernih di Jaringan LTE Telkomsel

Plt Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan, secara bertahap, hingga akhir tahun 2020 ini layanan VoLTE XL Axiata ada di 13 kota. Kemudian terus diperluas.

XL Axiata memastikan jaringan memenuhi kriteria kualitas yang ditetapkan untuk menggelar layanan VoLTE, baik dari sisi radiotransport, dan juga core. “Optimasi jaringan VoLTE telah dilakukan untuk memastikan semua fitur utama dapat dijalankan. Antara lain layanan VoLTE to VoLTE, VoLTE to non-VoLTE (layanan suara 2G dan 3G) dan sebaliknya,” lata Gede, Selasa (18/8).

Pada tahap awal layanan VoLTE didukung lebih dari 3.000 BTS 4G XL Axiata di Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Barat, Jakarta Utara, dan Medan. XL Axiata sedang menyiapkan BTS-BTS di kota-kota lain untuk mendukung layanan VoLTE di tahap selanjutnya.

Agar pelanggan menikmati kualitas layanan suara yang prima, XL Axiata perlu melakukan optimasi jaringan secara menyeluruh Sehingga benar benar siap untuk layanan VoLTE. Ke depan seluruh BTS 4G/LTE dipersiapkan untuk mendukung layanan VoLTE. (mrz)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER