Rabu, 27 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

Grab Menjalin Kemitraan dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan Berikan Akses Digital Kepada UMKM

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Grab menggandeng Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mendukung Pasar Laut Indonesia. Melalui kemitraan ini, Grab akan menyediakan platform digital bagi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang menjual produk kelautan dan perikanan.

Sejalan dengan misi GrabForGood, Grab dan KKP ingin mendukung UMKM terutama UMKM binaan KKP selama masa pandemi. Grab akan menyediakan platform digital (khususnya GrabMart dan GrabExpress) untuk mendorong peningkatan penjualan produk kelautan dan perikanan dari UMKM binaan KKP.

Saat ini, kolaborasi Grab dengan KKP sudah menjangkau wilayah DKI Jakarta. Dan terus membuka peluang untuk diperluas ke wilayah lain.

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo mengapresiasi kontribusi Grab Indonesia membantu pemerintah meningkatkan penjualan produk UMKM melalui percepatan digital. Menurutnya, go digital adalah salah satu kunci yang bisa membuat para pelaku usaha bertahan dan berkembang.

Tapi masih banyak pelaku usaha di sektor kelautan dan perikanan yang belum memanfaatkan platform digital. “Oleh karena itu, kami meluncurkan gerakan Pasar Laut Indonesia yang merupakan bagian dari gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia. Kami harap mereka bisa bertahan bahkan menjadikan hal ini sebagai batu loncatan untuk mengembangkan bisnis mereka,” terang Edhy, Rabu (19/8).

Managing Director Grab Indonesia, Neneng Goenadi menjelaskan, sejalan dengan misi GrabForGood, pihaknya berkomitmen mendukung upaya KKP itu. Produk kelautan dan perikanan memiliki peran penting dalam ekonomi Indonesia. “Grab akan menyediakan platform kepada para UMKM tetap berjualan. Sekaligus memastikan masyarakat Indonesia tetap mendapatkan akses produk kelautan dan perikanan,” jelas Neneng.

Adapun skema layanan yang akan disediakan oleh Grab mencakup dua hal.
GrabMart: Berbagai produk kelautan dan perikanan milik UMKM binaan Kementerian Kelautan dan Perikanan akan tersedia di GrabMart. Pelanggan di Jakarta dapat melakukan pemesanan serta pengantaran langsung melalui GrabMart di aplikasi Grab mereka.
Layanan Pengantaran via GrabExpress:hpara penjual bahan perikanan binaan KKP di Jakarta dapat melakukan pengiriman kepada para pembelinya dengan layanan GrabExpress melalui skema Web Booking Grab For Business yang akan difasilitasi Grab dan KKP. (yof)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER