Kamis, 18 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Pertumbuhan Meroket, Aruna Mendapat Suntikan Modal US$ 5,5 Juta

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Aruna, perusahaan teknologi bidang kelautan dan perikanan, menghimpun pendanaan terbaru dari investor eksising. Pendanaan seiring keberhasilan mencetak pertumbuhan 86 kali di tengah pandemi.

Suntikan modal senilai US$ 5,5 juta dari East Ventures, AC Ventures, dan SMDV tersebut mendukung rencana Aruna memperkuat basis komunitas mitra nelayan perusahaan dengan memperluas jangkauan operasional ke lebih banyak daerah pesisir. Juga peningkatan produktivitas nelayan lewat pelatihan dan edukasi tentang kualitas dan standardisasi produk. Selain itu, investasi segar membantu Aruna melebarkan sayap ke pasar baru baik di dalam maupun luar negeri.

Aruna saat ini telah bekerja sama dengan ribuan mitra nelayan di 31 lokasi pesisir di Indonesia. Aruna membantu menyalurkan produk perikanan dan hasil laut nelayan Indonesia ke pasar ekspor. Yakni ke Asia Tenggara, Asia Timur, Amerika Utara, dan Timur Tengah. Serta mendistribusikan ke pasar domestik di berbagai kota dan kabupaten.

CEO dan Co-Founder Aruna, Farid Naufal Aslam menyatakan, Aruna mempunyai misi menjadikan laut sebagai tempat penghidupan lebih baik untuk semua. Platform perdagangan elektronik membuat penjualan produk hasil laut dan perikanan lebih adil dan transparan, serta memotong mata rantai perdagangan ikan yang selama ini tidak efisien. Aruna berencana mendukung usaha pemerataan ekonomi dengan menjangkau lebih banyak titik pesisir di berbagai wilayah Indonesia,”kata CEO dan Co-Founder Aruna Farid Naufal Aslam.

Aruna adalah salah satu perusahaan yang terdampak positif oleh krisis. “Hal ini membuat kami bersemangat untuk memperkuat dukungan kami ke Aruna,” kata Willson Cuaca, Co Founder dan Managing Partner East Ventures.

“Fokus Aruna adalah mencari solusi atas permasalahan terbesar di sektor perikanan sehingga membantu meningkatkan kesejahteraan nelayan dan UMKM lainnya. Sambil menciptakan transparansi dalam perekonomian. “Kami sangat antusias dan optimistis Aruna akan terus menjadi perusahaan yang memajukan ekonomi kelautan di Indonesia,” kata Pandu Sjahrir, Founding Partner AC Ventures.

Pandemi Covid-19 mendorong konsumen untuk mengadopsi kebiasaan baru. Termasuk memesan produk pangan segar dari rumah. Untuk melayani pasar tersebut, Aruna memasuki pasar B2C melalui peluncuran Seafood by Aruna.

Seafood by Aruna menyediakan jasa pesan antar 20 jenis produk hasil laut berkualitas tangkapan nelayan lokal untuk konsumen di area Jabodetabek, Bandung, dan Balikpapan. Selain produk segar seperti lobster, udang, tuna, dan dori, Seafood by Aruna menyediakan produk siap saji dan siap masak.

Produk Seafood by Aruna tersedia di Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dan Grab Mart. Aruna juga menggandeng Sayurbox, Nalayan, dan Delisari serta membuka peluang kemitraan bisnis sebagai reseller. (yof)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER