Selasa, 26 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

AXA Mandiri Salurkan Sebagian Dana Surplus Underwriting Melalui Baznas

BACA JUGA




FinTechnesia.com | PT AXA Mandiri Financial Services unit Syariah (AXA Mandiri Syariah), menyalurkan sebagian dana surplus underwriting atas penjualan produk asuransi syariah tahun 2019 sebesar Rp 428,6 juta. Dana tersebut disalurkan sebagai dana sosial melalui Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS).

Dana tersebut disalurkan dalam bentuk paket sembako. Dibagikan kepada masyarakat yang sudah tidak bisa bekerja ataupun tidak memiliki penghasilan, agar mereka tetap dapat bertahan selama pandemi Covid-19. Lalu ada juga bantuan paket logistik pendidikan yang akan disalurkan kepada lebih dari seribu anak-anak dari keluarga kurang mampu.

Direktur Kepatuhan AXA Mandiri, Rudy Kamdani mengatakan, dana sosial tersebut bagian dari surplus underwriting AXA Mandiri Syariah tahun 2019 yang mencapai Rp 1,74 miliar. “Perusahaan tidak hanya berbisnis, tetapi juga mengedepankan amanah dari para pemegang polis asuransi syariah. Yakni memberikan manfaat sebesar-besarnya kepada masyarakat yang membutuhkan, terutama dalam kondisi seperti sekarang,” ujar Rudy, Rabu, (26/08).

Dana surplus underwriting adalah selisih antara pendapatan dan pengeluaran dana tabarru tahun berjalan’, sebagaimana ditetapkan dalam polis. Selisih kontribusi para peserta asuransi syariah ke dana tabbaru ini setelah dikurangi pembayaran santunan atau klaim kontribusi asuransi dan penyisihan teknis dalam satu periode tertentu.

Sejak tahun 2012, AXA Mandiri Syariah telah menyalurkan sebagian dana surplus underwriting kepada Baznas. Kerja sama ini telah memberikan dampak positif bagi pemenuhan kebutuhan, serta peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui program-program Baznas. Program-program tersebut di antaranya bidang pendidikan, pemberdayaan ekonomi, kesehatan, dan kemanusiaan.

Chief of Sharia AXA Mandiri, Srikandi Utami menjelaskan, Baznas akan menyalurkan dana sosial tersebut ke beberapa lembaga. Seperti Laznas BSM, Dompet Dhuafa, Mandiri Amal Insansi, Investa Cendekia Amanah, dan KBMAXI. Lewat bantuan sosial ini perusahaan juga dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui berbagai program yang tepat sasaran.

Pada tahun 2019, AXA Mandiri Syariah memberikan perlindungan asuransi syariah kepada lebih dari 53.000 peserta. Sedangkan dari sisi pendapatan kontribusi, di tahun 2019 AXA Mandiri Syariah mencatatkan pendapatan kontribusi sebesar lebih dari Rp 394 miliar.

Pendapatan tersebut melalui berbagai macam produk asuransi syariah. Seperti Asuransi Mandiri Elite Plan Syariah, Asuransi Mandiri Perlindungan Sejahtera Syariah dan sebagainya. Berbagai solusi perlindungan tersebut dipasarkan melalui ratusan cabang Bank Syariah Mandiri.

Direktur Distribution and Sales Mandiri Syariah Anton Sukarna kemudian menjelaskankerja sama Mandiri Syariah-AXA Mandiri Syariah merupakan wujud sinergi antar perusahaan anak Mandiri Group. “Serta bentuk dukungan Mandiri Syariah atas program pemerintah dalam peningkatan literasi keuangan syariah Indonesia,” jelasnya. (hlm)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER