Rabu, 17 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Mempercepat Pemulihan Ekonomi dengan Klaster KUR BNI

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Bank BNI berkomitmen mendukung usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) sebagai upaya pemulihan ekonomi nasional. Melalui BNI kluster One Village One Product (OVOP), ekspansi kredit UMKM diharapkan dapat berjalan secara masif. Ssehingga menjadi mesin pertumbuhan ekonomi nasional.

BNI mendorong gerakan OVOP. Dalam kegiatan ini, BNI menyajikan kluster Kelompok Petani Bunga Gumitir dan Petani Porang. Pola OVOP diharapkan dapat mendorong tumbuhnya perekonomian masyarakat desa. Setiap desa didorong agar menemukan dan mengembangkan produk unggulan yang mempunyai ciri khas, berbeda dengan karakteristik produk dari desa lain.

Direktur Bisnis dan UMKM BNI Tambok P. Setyawati menyatakan, BNI berkomitmen mendukung program ini, dengan mendorong produk unggulan dari desa-desa agar mampu bersaing di tingkat global. “Komitmen ini diwujudkan dari pendampingan bagi masyarakat desa dalam penentuan produk unggulan Juga memfasilitasi produksi menggunakan bantuan permodalan, hingga perluasan akses pasar,” kata Tambok, awal pekan ini.

UMKM sebagai sektor yang mendapat perhatian khusus merupakan kelas ekonomi yang menyentuh langsung perekonomian riil. Sejak pertengahan Maret 2020, BNI memberikan stimulus kepada debitur yang memenuhi ketentuan. Yakni berupa keringanan bunga, penundaan angsuran pokok, hingga perpanjangan jangka waktu.

Total, per 31 Juli 2020, BNI telah memberikan stimulus kepada 175.215 debitur segmen kecil dan mikro dengan portepel pinjaman sebesar Rp 21,17 triliun. Sementara portofolio penyaluran KUR BNI tahun 2020, yang hingga 31 Juli 2020 telah mencapai Rp 9,76 triliun dan menyentuh 257.616 penerima di seluruh Indonesia. (eko)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER