Jumat, 22 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

Bantu Tangani Covid-19, BNI Siapkan Mobile Laboratory

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Belum ada yang dapat memastikan kapan pandemi Covid-19 akan berakhir. Mempercepat penanganan Covid-19 di Indonesia, BNI bekerjasama dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) serta Yayasan BUMN mempersembahkan Mobile Laboratory Bio Safety Level (BSL) – 2. Fasilitas buatan dalam negeri ini ini diserahkan pada Pertamedika sebagai laboratorium pemeriksaan Covid-19 pertama di Indonesia yang fleksibel dan dapat berpindah-pindah tempat.

Penyebaran covid-19 memang begitu cepat dan mudah, sehingga perlu dilakukan tes secara massal. Kapasitas laboratorium BSL-2 di Indonesia baru 20.000 sampel per hari. Sedangkan untuk membangun laboratorium BSL 2 membutuhkan waktu dan biaya.

“Mobile Laboratory ini merupakan karya anak bangsa yang akan dapat menambah kapasitas laboratorium BSL-2 yang sudah ada di daerah tersebut. Mobile Laboratory juga dapat berpindah-pindah tempat ke kota yang membutuhkan,” ujar Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional Bambang PS Brodjonegoro, Minggu (30/8).

Direktur Utama BNI, Herry Sidharta mengatakan, BSL-2 tersebut merupakan laboratorium bergerak untuk pemeriksaan Covid-19 yang pertama di Indonesia. BNI berharap keberadaan Mobile Laboratorium BSL-2 dapat memudahkan pemeriksaan Covid-19 agar lebih cepat dan menjangkau berbagai daerah. “Semoga pandemi ini segera berakhir dan kehidupan kembali normal, dengan pemulihan yang sebenar-benarnya pulih, tanpa menyisakan kesulitan lain yang berarti,” ujar Herry.

Direktur Utama Pertamedika IHC Fathema Djan Rachmat mengatakan, Kolaborasi dengan BNI kali ini merupakan suatu wujud BUMN yang bergerak cepat. Sebagai Holding RS BUMN, Pertamedika IHC sangat mengapresiasi antusiasme masyarakat karena telah ikut serta dalam upaya pencegahan Covid-19 di wilayah Tangerang. (eko)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER