Kamis, 25 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

BNI Mendorong Ekosistem Kelautan dan Perikanan dari Hulu ke Hilir

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Bank BNI berkomitmen terus mengembangkan ekosistem Kelautan dan Perikanan dari hulu ke hilir. Maka BNI memberikan solusi layanan perbankan dari hulu ke hilir kepada ekosistem perikanan yang diinisiasi Kemenko Bidang Maritim dan Investasi tersebut.

BNI memberikan literasi keuangan berkelanjutan. Mulai pembukaan rekening bagi nelayan, bantuan permodalan baik pada UMKM, maupun korporasi yang tergabung dalam ekosistem Kelautan dan Perikanan. Hingga pendampingan kepada nelayan dan pedagang ikan, serta seluruh UMKM yang terlibat dalam ekosistem kelautan dan perikanan.

Pada bagian hulu, peran BNI lmemberikan dukungan permodalan bagi korporasi seperti Perum Perindo beserta mitra nelayan binaannya. Aehingga pasokan ikan bagi masyarakat dapat terpenuhi.

Juga dukungan digitalisasi. Nelayan tidak perlu takut kesulitan mencari ikan, dapat memenuhi seluruh kebutuhan melautnya. Dan setelah kembali dari melaut telah ada pembeli yang siap mengambil hasil tangkapan.

Pada bagian hilir, BNI memberikan bantuan permodalan dan pendampingan bagi Agen46 selaku agen Lakupandai (Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam Rangka Keuangan Inklusif) BNI. Serta UMKM yang berminat untuk bergabung menjadi outlet penjual ikan di seluruh Indonesia secara digital.

Langkah ini guna lebih memperkenalkan produk-produk hasil perikanan kepada masyarakat. Serta mendukung program Gemarikan dan Pasar Laut Indonesia.

Direktur Utama BNI, Herry Sidharta mengatakan, BNI proaktif mendorong program pemulihan ekonomi nasional. Salah satu upayanya menggarap ekosistem di sektor Kelautan dan Perikanan.

Besarnya potensi sektor Kelautan dan Perikanan dapat meningkatkan literasi keuangan serta mengangkat pertumbuhan ekonomi nasional. “Selain itu, BNI sebelumnya juga sudah menggarap sub sektor Kelautan Perikanan bidang pengolahan, penangkapan, budidaya, dan garam rakyat,” ujarnya, Senin (31/8). (yof)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER