Rabu, 24 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

BNI Syariah Resmi Menjadi Salah Satu Penyalur KUR, Ini Targetnya

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Pemerintah menunjuk BNI Syariah menjadi salah satu penyalur kredit usaha rakyat (KUR). Hal ini ditunjukkan dengan keluarnya izin BNI Syariah untuk menyalurkan KUR melalui produk BNI KUR iB Hasanah per September 2020.

BNI Syariah telah melakukan Penandatanganan perjanjian kerjasama dengan pemerintah. Lalu BNI Syariah melakukan peluncuran produk pembiayaan BNI KUR iB Hasanah dan penandatanganan akad bersama. Penyaluran program KUR pemerintah dengan suku bunga sebesar 6% efektif per tahun atau margin anuitas/flat yang setara.

Direktur Bisnis Ritel & Jaringan BNI Syariah, Iwan Abdi berharap, produk pembiayaan BNI KUR iB Hasanah bisa memperluas akses pembiayaan kepada usaha produktif, meningkatkan kapasitas daya saing UMKM dan penyerapan tenaga kerja. “Diharapkan memaksimalkan pengembangan bisnis pembiayaan mikro BNI Syariah dan membantu mensukseskan program pemerintah untuk peningkatan kesejahteraan dan perekonomian rakyat,” kata Iwan, Kamis (3/9).

Target penyaluran BNI KUR iB Hasanah tahun 2020 ini sebesar Rp 700 miliar. Dengan komposisi Rp 350 miliar untuk KUR Mikro dan Rp 350 miliar untuk KUR Kecil, akan disalurkan kepada 68 Kantor Cabang BNI Syariah.

Dalam penyaluran KUR, BNI Syariah tetap memperhatikan unsur kehati-hatian sesuai prinsip syariah. BNI Syariah juga melakukan pemantauan setelah penyaluran dilaksanakan dalam rangka menjaga kualitas pembiayaan.

Pembiayaan KUR iB Hasanah ini dapat disalurkan langsung secara individu kepada pengusaha mikro, ataupun melalui komunitas, salah satunya pesantren. Sehingga diharapkan prosesnya bisa lebih cepat. BNI KUR iB Hasanah disalurkan ke beberapa sektor usaha. Di antaranya pertanian atau perkebunan, peternakan, perdagangan, restoran, industri pengolahan, pengangkutan, komunikasi dan jasa lainnya.

Sampai triwulan II tahun 2020, BNI Syariah mencatatkan realisasi pembiayaan mikro sebesar Rp1,53 triliun dengan jumlah nasabah sebanyak 12.254. Sampai akhir tahun diharapkan target pembiayaan mikro BNI Syariah mencapai Rp1,63 triliun. (eko)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER