Rabu, 17 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Waspadai Pencurian Data Pribadi di Smartphone, Ini Trik Pencegahan di OPPO Reno 4

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Smartphone kini banyak digunakan untuk melakukan berbagai kegiatan. Mulai alat bantu dalam melakukan pekerjaan, peranti hiburan, alat rekam, hingga asisten pribadi.

Bahkan saat ini smartphone sering digunakan sebagai dompet digital. Ketika fungsi smartphone menjadi alat bertransaksi digital maka perlu diimbangi dengan sistem keamanan yang mumpuni. Hal ini untuk mencegah pencurian data dan informasi rahasia milik penggunanya.

Data pribadi di smartphone berpotensi dicuri secara digital melalui beragam teknik serangan siber (cyber attack). Seperti phisingmalware, atau aplikasi jahat.

Bisa juga teknik konvensional, seperti smartphone spying atau mengintip layar. Berbagai informasi seperti data pribadi, uang di dalam aplikasi, atau daftar kontak dapat mudah disebarkan atau disalahgunakan oleh penjahat siber. Hal ini yang menjadi perhatian OPPO untuk melindungi privasi dan data pengguna smartphone.

Untuk memberikan privasi yang lebih baik, OPPO memperkenalkan teknologi Smart Spying Prevention di OPPO Reno4. Teknologi ini akan menyembunyikan isi notifikasi saat ada orang lain memandang layar smartphone yang sedang dibuka oleh pengguna.

Untuk memfungsikan fitur Smart Spying Prevention, pengguna perlu mendaftarkan wajah terlebih dahulu agar kamera smartphone mengenalisebagai pemilik ponsel yang sah. Setelah fitur tersebut aktif, pengguna tidak perlu merasa khawatir terhadap kemungkinan isi dari notifikasi aplikasi pada ponsel cerdas bisa diintiip oleh orang lain

Ketika pengguna meng-install aplikasi baru, kadang mereka tidak sadar ada beberapa aplikasi yang membutuhkan persetujuan untuk mengakses hal-hal sensitif pada smartphone. Seperti kontak, kamera untuk mengambil foto, dan lokasi.


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER