Rabu, 17 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Mastercard Dukung Bank Sentral Menilai dan Eksplorasi Mata Uang Digital Nasional

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Dunia berlomba-lomba merangkul pembayaran digital. Di sisi lain, bank sentral mendukung inovasi sekaligus mempertahankan kebijakan moneter dan stabilitas keuangan saat mereka mengeluarkan dan mendistribusikan mata uang.

Menurut survei terbaru Bank for International Settlements, 80% bank sentral yang disurvei terlibat dalam Central Bank Digital Currencies (CBDC). Lalu 40% bank sentral berkembang dari penelitian konseptual hingga bereksperimen dengan konsep dan desain.

Maka, Mastercard mengumumkan lingkungan pengujian virtual bank sentral guna mengevaluasi
kasus penggunaan CBDC. Platform ini bisa melakukan simulasi penerbitan, distribusi, dan pertukaran CBDC antar bank, penyedia layanan keuangan, dan konsumen.

Bank sentral, bank komersial, perusahaan teknologi dan penasihat diundang untuk bermitra dengan Mastercard. Mereka mendesain teknologi CBDC, memvalidasi kasus penggunaan, dan mengevaluasi interoperabilitas dengan jalur pembayaran yang ada dan tersedia untuk konsumen, serta bisnis saat ini.

Mastercard sendiri berupaya memastikan level area yang setara bagi semua. Mulai bank hingga bisnis hingga operator seluler dan membawa sebanyak mungkin orang ke dalam ekonomi digital. “Bank sentral mempercepat eksplorasi mata uang digital mereka dengan berbagai tujuan. Dari mendorong inklusi keuangan hingga memodernisasi ekosistem pembayaran,” kata Raj Dhamodharan, Executive Vice President, Digital Asset and Blockchain Products and Partnerships, Mastercard, Rabu (16/9).

Mastercard mendorong inovasi sektor publik, bank, fintech, dan perusahaan penasihat dalam
eksplorasi CBDC, bekerja dengan para mitra yang sejalan dengan nilai dan prinsip inti Mastercard. “Platform baru ini mendukung bank sentral karena mereka membuat keputusan sekarang dan di masa depan tentang arah selanjutnya untuk ekonomi lokal dan regional,” tambah Dhamodharan.

Sheila Warren, Head of Blockchain, Digital Assets and Data Policy World Economic Forum mengatakan: kolaborasi sektor publik dan swasta dalam eksplorasi mata uang digital bank sentral membantu bank sentral memahami berbagai kemungkinan dan kemampuan teknologi sehubungan dengan CBDC.

CBDC dirancang agar nilainya setara mata uang kertas dan tunduk pada jaminan yang didukung pemerintah yang sama. Selain mencetak uang, bank sentral dapat menerbitkan CBDC sebagai representasi digital dari mata uang fiat suatu negara. Mastercard mendorong kemitraan antara sektor publik dan swasta untuk mengubah cara orang dan bisnis bertransaksi. (mrz)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER