Senin, 25 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

Telkom Dukung Pertamina Digitalisasi SPBU di Seluruh Indonesia

BACA JUGA




FinTechnesia.com | PT Pertamina (Persero) bekerjasama dengan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk mengimplementasikan program digitalisasi SPBU di seluruh Indonesia. Melalui digitalisasi ini, Pertamina dapat memantau kondisi stok bahan bakar minyak (BBM), penjualan BBM serta transaksi pembayaran di SPBU.

Data-data tersebut juga dapat diakses secara langsung oleh sejumlah pihak berwenang,. Seperti Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Kementerian BUMN, Kementerian Keuangan, dan BPH Migas. Sehingga dapat saling mendukung untuk pengawasan penyaluran BBM.

Ada lima fitur hasil digitalisasi SPBU sudah berfungsi. Yakni prepurchase (bayar dulu baru isi BBM), monitoring penerimaan BBM di SPBU berbasis data ATG (Automatic Tank Gauge) custody transfer, cashless program dengan menggunakan digital payment LinkAja, pencatatan nomor polisi kendaraan yang melakukan pengisian BBM subsidi, serta profiling customer yang berbasis loyalty program aplikasi MyPertamina.

Direktur Enterprise and Business Service Telkom, Edi Witjara dalam kesempatan terpisah mengatakan, Telkom mendukung Pertamina segera menyelesaikan proses digitalisasi SPBU di tengah pandemi. “Hal ini sejalan dengan upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Yakni transaksi nontunai (cashless) mengurangi kontak fisik, tapi tetap memberikan layanan yang memuaskan kepada pelanggan,”kata Edy, Jumat (25/9). (eko)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER