Sabtu, 13 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Kemendag dan Facebook Berupaya Berdayakan UMKM Indonesia di Tengah Pandemi

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Menteri Perdagangan Agus Suparmanto menyambut baik kolaborasi Kementerian Perdagangan dan Facebook. Keduanya melakuman kampanye virtual untuk membantu para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) lokal bertahan di tengah pandemi.

Melalui program yang berlangsung pada Oktober 2020—Januari 2021 ini, Kemendag dan Facebook akan menyelenggarakan berbagai kegiatan edukasi, diskusi, hingga festival belanja. 

Melalui kolaborasi ini, para pelaku UMKM lokal diharapkan akan memiliki keahlian dan wawasan baru. “Untuk bertahan, bertumbuh, bahkan menjangkau pangsa pasar yang lebih luas dengan bantuan platform daring seperti Facebook, Instagram, dan WhatsApp,” ujar Mendag, Sabtu (3/10).

Kolaborasi ini bentuk konkret pentingnya kerja sama pemerintah dan swasta dalam mendukung program pemerintah ‘Bangga Buatan Indonesia’ dan ketahanan UMKM lokal. Serta mendorong pergerakan roda perekonomian tanah air.  

Sebagai langkah awal kolaborasi, Kemendag dan Facebook menyelenggarakan pelatihan virtual Akademi Instagram. Pelatihan ini membantu para pelaku UMKM di seluruh Indonesia memaksimalkan penggunaan platform digital dalam mengembangkan usaha mereka.  

Kepala Kebijakan Publik Facebook Indonesia Ruben Hattari menyampaikan, di tengah situasi pandemi, Facebook memahami beralih ke platform daring sebuah keniscayaan UMKM. Ia menyadari adopsi digital bukan hal mudah.

Masih banyak kelompok masyarakat belum dapat memaksimalkan penggunaan layanan digital. “Kami senang sekali dapat berkolaborasi dengan Kemendag dalam meluncurkan serangkaian kegiatan yang bisa mendorong transformasi digital UMKM Indonesia,” terang Ruben.  

Dalam program kolaborasi yang berlangsung pada periode Oktober 2020—Januari 2021 ini, akan dilaksanakan 10 kegiatan. Melibatkan UMKM, perwakilan perdagangan, dan pegawai Kemendag. (mrz)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER