Kamis, 25 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Telkom akan Berinvestasi ke Perusahaan dengan Big Data Jumbo

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Industri telekomunikasi bermetamorfosis menjadi digital company. Salah satunya PT Telkom Indonesia Tbk yang siap mengembangkan bisnis digital.

Telkom akan berinvestasi di perusahaan yang memiliki big data besar. Menurut Analis MNC Sekuritas, Victoria Venny, dengan masuk ke bisnis menciptakan sinergi dengan bisnis inti Telkom Group. Di sisi lain, emiten berkode saham TLKM ini bisa mengakuisisi customer base.

Sehingga ke depan BUMN tersebut tak hanya mengembangkan bisnis connectivity. Kunci bisnis masa depan adalah big data analytic. “Bisnis big data analytic harus memiliki customer base  besar,l. Sehingga investasi di perusahaan digital yang memiliki customer base besar menjadi kunci bagi Telkom,” ujar Venny, Senin (5/10). 

Selama ini perusahaan telekomunikasi hanya menjadi dump pipe, menyediakan connectivity bagi penyelenggara platform digital. Walhasil, operator hanya mendapatkan pendapatan dari akses data yang setiap hari makin murah. Sementara penyedia konten mendapat lebih banyak nilai bisnis.

Tak cuma industri telekomunikasi, sektor lain juga ekspansi perusahaan rintisan atau digital. PT Astra International Tbk, misalnya. Bersama dengan modal ventura, EverHaus, mereka berinvestasi di bisnis logistik melalui Trukita.

Astra juga sudah berinvestasi di GoJek sebanyak dua kali. Tahuh lalu Astra membenamkan investasi sekitar Rp 3,5 triliun di Gojek.

Setelah Astra berinvestasi di Gojek, kedua perusahaan ini sepakat mendirikan perusahaan patungan PT Solusi Mobilitas Bangsa (SMB). Perusahaan patungan ini meluncurkan solusi mobilitas roda empat dengan merek Gofleet.

Contoh lain Bank Rakyat Indonesia (BRI) bermain melalui BRI Ventures. Perusahaan modal ventura ini melakukan investasi di perusahaan rintisan. Pendanaan fokus ke seed-growth stage.Venny mewanti-wanti Telkom dan perusahaan besar lain jangan gegabah dalam melakukan investasi. Harus dilihat secara lebih rinci lagi nilai dan peluangnya. (eko)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER