Jumat, 29 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

BNI Luncurkan Aplikasi Digital dan Kartu Tani Berjaya

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Mempercepat Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), Bank BNI fokus mendorong kesejahteraan para petani. Langkah ini bentuk dukungan BNI terhadap program Ketahanan Pangan Nasional dalam memasuki era adaptasi kebiasaan baru.

Untuk mewujudkan kesejahteraan petani tersebut, BNI menggandeng Pemerintah Provinsi Lampung meluncurkan Kartu Petani Berjaya. Kartu ini bertujuan meningkatkan pendapatan petani melalui pemanfaatan teknologi informasi.

Kartu Petani Berjaya ini menggunakan media aplikasi. Sebuah sistem untuk mendukung aktivitas pertanian digital. Seperti transaksi pembelian, penjualan, serta pengajuan pembiayaan ke lembaga keuangan secara digital.

Menurut Pemimpin BNI Wilayah Palembang Sunarna Eka Nugraha, saat ini BNI merupakan bank satu satunya yang bekerjasama dengan Kartu Petani Berjaya dalam penyediaan jasa keuangan dan perbankan. Penyaluran KUR BNI saat ini menggunakan pola klaster. “Antara lain, klaster singkong, klaster tebu, klaster kopi,dan masih banyak klaster lainnya,” ujar Eka, Selasa (6/10).

Pemimpin Divisi Bisnis Usaha Kecil BNI, Bambang Setyatmojo menyampaikan, kartu petani selain sebagai media alokasi pupuk subsidi, juga tools bagi BNI dalam mendukung pencapaian program PEN. Dengan databased yang ada, tentunya akan mempermudah eksekusi KUR Tani di lapangan.   

Kini, dengan inovasi teknologi BNI Move, perseroan semakin dekat untuk mendukung petani nusantara dalam memperoleh pinjaman secara mudah & murah. “BNI telah menyiapkan aplikasi dan sistem berbasis digital agar petani mendapatkan layanan yang optimal melalui BNI Move,” kata Bambang..

Dalam tahap I ini rencananya pemerintah Provinsi Lampung & BNI akan meluncurkan sebanyak 2.000 kartu dengan target 14.000. Sedangkan penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) Tani BNI Wilayah Sumbagsel per 30 September 2020 di sektor pertanian mencapai Rp 234,7 miliar. Dsalurkan kepada 3.005 petani.

Khusus Provinsi Lampung, KUR sektor pertanian BNI mencapai Rp  70,63 miliar kepada 2.447 petani.  Sedangkan BNI sscara keseluruhan di Indonesia telah menyalurkan sebesar Rp 3,948 triliun kepada 119.884. (eko)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER