Kurangi Efek Pandemi, Facebook Kucurkan Rp 12,5 Miliar ke UKM Indonesia

FinTechnesia.com | Facebook menggulirkan serangkaian inisiatif mendukung usaha kecil menengah (UKM) Indonesia menghadapi ketidakpastian situasi ekonomi akibat pandemi global. Di antaranya, dana bantuan senilai Rp 12,5 miliar, program pelatihan virtual, dan fitur produk di seluruh aplikasi Facebook untuk membantu mempromosikan bisnis lokal.

Saat ini banyak UKM k dari mereka yang berusaha beradaptasi dan memanfaatkan platform online. “Kami mendengarkan tantangan UKM dan ingin memberikan dukungan yang bermanfaat. Termasuk dukungan finansial untuk membantu mereka bangkit kembali, menata ulang strategi dan memulihkan kinerja usahanya,” kata Country Director untuk Indonesia di Facebook, Pieter Lydian, Rabu (7/10).

Pendaftaran program dana bantuan UKM dari Facebook dibuka dari 6 Oktober hingga 13 Oktober
2020.. Pelaku UKM tidak diwajibkan untuk memiliki akun di Facebook sebagai syarat pendaftaran.

Untuk memenuhi syarat pendaftaran, pelaku UKM wajib memiliki 2 – 50 karyawan, telah menjalani
usaha lebih dari satu tahun dan menghadapi kesulitan akibat pandemi.

Facebook bermitra dengan Deloitte Consulting dan Goodera meninjau pendaftar yang masuk,
menyeleksi UKM. Lalu mendistribusikan dana bantuan kepada UKM terpilih.

Membekali UKM dengan kemampuan beradaptasi Facebook juga menyelenggarakan rangkaian webinar gratis untuk membantu para wirausaha membawa bisnis mereka ke ranah online dan beradaptasi dengan cepat.

UKM bisa mengakses Free Facebook Webinars dan mempelajari cara untuk membawa bisnis mereka ke ranah online dan beradaptasi dengan cepat. (yof)